Peristiwa

Relawan Cak Udin Bagikan 15 Ton Beras ke Puluhan Desa Terdampak Gempa Malang

Relawan Cak Udin (M Hasanuddin Wahid) bergerak membagikan bantuan sosial 15 ton beras kepada warga terdampak gempa yang tersebar di 34 desa se-Kabupaten Malang.

Malang(beritajatim.com) – Gempa bermagnitudo 6,1 yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang pada Sabtu, 10 April 2021 lalu membuat puluhan ribu warga terdampak. Relawan Cak Udin (M Hasanuddin Wahid) bergerak membagikan bantuan sosial 15 ton beras kepada warga terdampak gempa yang tersebar di 34 desa se-Kabupaten Malang.

Hasanuddin Wahid adalah Sekretaris Jendral Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus Anggota DPR RI F-PKB Dapil Malang Raya. Selain beras Relawan Cak Udin juga membagikan 15 ribu bungkus mie instan, 3.000 kg telur, 3000 liter minyak goreng, ratusan terpal, puluhan asbes dan uang tunai.

“Semua bantuan diterima langsung warga terdampak gempa Malang tanpa perantara. Kami berkomitmen akan terus turun ke masyarakat menyebarkan bantuan dan ikut membantu motivasi sebagai trauma healing kepada korban,” kata Cak Udin, Senin, 19 April 2021.

Cak Udin melalui Relawan internalnya menyisir korban gempa di kawasan Kabupaten Malang Selatan dan Timur. Dari 34 desa itu, terbagi di 8 kecamatan yakni Dampit, Sumawe, Ampelgading, Tirtoyudo, Bantur, Tumpang, Poncokusumo dan Turen. Dampak dari gempa bumi ini memakan korban jiwa, luka-luka, ribuan rumah rusak, fasilitas umum, layanan kesehatan hingga tempat ibadah dan sekolah pun juga rusak.

“Kami tidak hanya menyentuh warga terdampak di Malang Selatan. Tapi seluruhnya kami sentuh dan berikan bantuan sosial sesuai kebutuhan dan kemampuan. Saat gempa kami langsung gerak cepat ikut membantu warga dengan bantuan apa saja yang bisa dilakukan. Keesokan harinya, kami dari Jakarta langsung bertolak ke Malang,” ujar Cak Udin.

Cak Udin meminta para relawan bergerak membantu evakuasi para korban bencana. Relawan juga membangun dapur umum serta posko darurat bencana yang bisa digunakan warga untuk menginap sementara. Di lokasi bencana Cak Udin memberikan motivasi kepada warga terdampak. Dukungan moral diberikan karena banyak warga yang trauma dengan musibah ini.

Sementara itu, salah satu Relawan Cak Udin, Fachrur Rozi mengungkapkan bahwa masyarakat di wilayahnya yakni Kecamatan Tumpang ada pilihan yang terdata mengalami kerusakan fisik rumah akibat gempa.

“Yang paling parah itu dinding rumah roboh. Ada 15 lebih warga yang sudah kami salurkan bantuan langsung. Alhamdulillah mereka senang dan ucap terimakasih sudah dibantu,” tandasnya. (Luc)


Apa Reaksi Anda?

Komentar