Peristiwa

Rawan Tumbang, DLH Kota Mojokerto Klasifikasi Pohon

Mojokerto (beritajatim.com) – Beberapa pohon di sejumlah jalan protokol Kota Mojokerto tumbang beberapa hari terakhir. Terbaru, pohon tumbang dekat rumah dinas (rumdin) Walikota Mojokerto di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, tumbang.

Kepala Bidang Pemulihan Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup (Kabid PPKLH), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mojokerto, Erijanto mengatakan, jika pihaknya akan melakukan beberapa penangganan lebih lanjut untuk mencegah banyaknya pohon tumbang di Kota Mojokerto.

“Kami akan melakukan pemeriksaan keliling ke sejumlah jalan protokol di Kota Mojokerto untuk melihat pohon mana pohon yang akarnya kurang kuat, kondisi batang yang keropos dan mudah tumbang. Sehingga bisa dilakukan penangganan lebih lanjut,” ungkapnya, Selasa (13/8/2019).

Masih kata Erijanto, karakteristik pohon yang harus dirapikan adalah pohon yang memiliki daun yang lebat dan banyak ranting. Sehingga petugas dari DLH Kota Mojokerto akan melakukan penebangan di beberapa ranting pohon untuk mengurangi jumlah ranting.

“Kami akan melakukan penebangan untuk mengurangi jumlah ranting pohon yang lebat. Kami menghimbau kepada warga Kota Mojokerto untuk lebih berhati-hati ketika berteduh di bawah pohon. Terutama, saat hembusan angin yang kencang dan jangan mendirikan bangunan di bawah pohon,” katanya.

Pasalnya, berdirinya bangunan di bawah pohon juga akan memperburuk terjadinya pohon tumbang dan bisa menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Pihaknya juga menghimbau, jika warga Kota Mojokerto menemukan pohon tumbang atau pohon dengan kondisi batang dan ranting yang lebat bisa menghubungi call center DLH Kota Mojokerto. [tin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar