Peristiwa

Ratusan Warga Surabaya Gelar Salat Ied di Taman Mundu

Sholat Idul Firti di Taman Mundu Surabaya, Jumat (21/4/2023). (Way)
Sholat Idul Firti di Taman Mundu Surabaya, Jumat (21/4/2023). (Way)

Surabaya (beritajatim.com) – Ratusan warga Surabaya mengikuti salat ied di Taman Mundu, Surabaya, Jumat (21/4/2023). Salat ied tersebut dipimpin oleh Fauzan El Hasyim S.Pd.I.M.Pd dari perwakilan Muhammadiyah Jawa Timur.

Fauzan mengatakan, lebih dari 500 warga Muhammadiyah yang mengikuti sholat Idul Fitri tersebut. Sedianya salat ied dilakukan di Stadion Gelora 10 November Surabaya. Namun berubah karena belum mendapatkan izin. Akhirnya salat ied digelar di depan Taman Mundu Surabaya.

“Alhamdulillah banyak jamaah kita pagi ini, seharusnya kita melaksanakan salat ied di stadion tapi belum ada izin. Akhirnya kita memilih di jalan Tambaksari depan Taman Mundu,” ungkapnya.

BACA JUGA:
Pemuda Muhammadiyah Angkat Bicara Soal Larangan Penggunaan Fasilitas Salat Ied

Dalam khotbahnya, Fauzan El Hasyim membahas tentang  Ramadhan sebagai pembentuk khoirul ummah. Dalam artian, sebaik-baiknya umat manusia harus memiliki perilaku yang baik dalam kesehariannya dimanapun mereka berinteraksi.

Lebih lanjut dikatakan Fauzan, adanya perbedaan Lebaran tidak membuat umat terbelah. Ia berharap masyarakat  tetap bisa menjaga kerukunan dan menjadi lebih baik. “Kita memang beda merayakan Idul Fitri. Meskipun berbeda kita tetap menjaga persamaan, tujuan kita sama merayakan Idul Fitri 1444 H dan mewujudkan Indonesia lebih baik,” imbuhnya.

Salat Idul Fitri di depan Taman Mundu Surabaya
Salat Idul Fitri di depan Taman Mundu Surabaya

Memang di tahun ini ada perbedaan dalam merayakan Idul Fitri, dimana untuk Muhammadiyah menggelar salat Idul Fitri pada Jumat (21/4/2023), sementara untuk ketetapan Pemerintah, 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu (22/4/2023). [way/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar