Peristiwa

Ratusan Santri Ponpes Kapurejo Salat Gaib untuk Gus Sholah

Kediri (beritajatim.com) – Ratusan santri dan pengasuh Pondok Pesantren Kapurejo di Kabupaten Kediri menggelar salat gaib berjamaah dan doa bersama untuk KH. Salahudin Wahid atau Gus Sholah. mereka merasa kehilangan pengasuh pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang itu.

Salah gaib diikuti sekitar 900 santri dan siswa madrasah Ponpes Kepurejo. Mereka berkumpul di Masjid An-Nur lingkungan pondok pesantren tempat asal nenek dari Gus Sholah, yang juga istri KH Hasyim Asyari pendiri organisasi terbesar di nusantara yakni Nahdlatul Ulama di Desa Pagu, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri.

Salah gaib dipimpin langsung oleh kyai sepuh, KH Ahmad Najmudin. usai salat gaib berjamaah, para santri dan pengasuh pondok langsung mengelar tahlil dan doa bersama. “Para pengurus pondok pesantren dan santri merasa kehilangan selepas meninggalnya Gus Sholah, sebagai tokoh panutan di kalangan pesantren, sekaligus tokoh bangsa,” Kiai Ahmad Najmudin, Senin (3/2/2020).

Menurunya, saat ini sulit mencari sosok pengganti Gus Sholah, yang bisa mengayomi umat karena keteladanan beliau serta keikhlasan beliau. Rencanaya Ponpes Salafiyah Kapurejo akan menggelar yasin dan tahlil hingga 7 hari kedepan atas meninggalnya Gus Sholah.

Untuk diketahui, jenazah KH. sholahudin Wahid telah dikebumikan di Ponpes Tebuireng Jombang tadi sekitar pukul 14.00 WIB, bersebelahan dengan makam kakaknya KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur, yang merupakan kakak kandung. [nm/kun]






Apa Reaksi Anda?

Komentar