Peristiwa

Anak Kali Mas Meluap

Ratusan Rumah di Driyorejo Gresik Terendam

Gresik (beritajatim.com) – Imbas anak Kali Mas meluap menyebabkan ratusan rumah di Desa Cangkir, Kecamatan Driyorejo, Gresik, terendam banjir setinggi 20 centimeter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Tarso Sagito menuturkan, penyebab banjir yang merendam ratusan rumah di Desa Cangkir, Kecamatan Driyorejo, akibat meluapnya anak Kali Mas usai eceng gondok yang belum selesai dibersihkan membuat arus air semakin deras.

“Eceng gondok di anak Kali Mas sebelah timur menahan air sehingga meluber ke kanan, kiri lalu ke rumah warga,” tuturnya, Kamis (6/02/2020).

Tarso menambahkan, sebelum meluap. Di sebelah barat sungai pihaknya sudah membersihkan eceng gondok yang menutupi sungai itu. Luberan air itu merendam ratusan rumah warga. Jumlahnya mencapai 107 rumah warga yang terendam.

“Air sungai yang meluapnya ketinggiannya mencapai 20 centimeter,” imbuhnya.

Selain meredam rumah warga. Jalan desa setempat juga tergenang air sepanjang 150 meter. Karena itu, BPBD Gresik memastikan jika pembersihan eceng gondok di anak Kali Mas selesai, maka tidak ada lagi luberan air dari sungai.

“Saat ini masih kita bersihkan juga. Kalau ini sudah dibersihkan airnya sudah lancar,” pungkas Tarso. (dny/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar