Peristiwa

Ratusan Orang Salat Minta Hujan di Unmuh Jember

Jember (beritajatim.com) – Ratusan orang melaksanakan salat istisqa berjamaah di lapangan basket Universitas Muhammadiyah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (26/10/2019) siang. Salat istisqa adalah salat memohon kepada Tuhan agar mengguyurkan hujan.

Salat ini diprakarsai Takmir Masjid Al Qolam Unmuh Jember, dan dimulai pada pukul 12.30 WIB. “Juga ada masukan dari beberapa dosen agar dilaksanakan salat istisqa,” kata Sekretaris Lembaga Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPAIK) Unmuh Jember Dhofir Catur Bashori.

Salat diikuti dosen, mahasiswa, jamaah masjid dan diimami Tiyas Abdullah, salah satu mahasiswa dari pondok penghafal Alquran milik Muhammadiyah. Sementara khotib atau penceramah adalah Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Jember Kusno.

“Para mahasiswa memang kami dorong untuk ikut. Saat ini ada delapan kelas mahasiswa. Kalau rata-rata per kelas ada 30 orang mahasiswa, maka bersama masyarakat ada 300 orang yang ikut salat,” kata Dhofir.

Menurut Dhofir, salat ditunaikan karena sampai saat ini hujan belum mengguyur. “Selain itu yang membedakan dengan musim sebelumnya, cuaca lebih terik dan panas. Juga di beberapa titik terjadi kebakaran, salah satu penyebabnya adalah kemarau berkepanjangan ini,” katanya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar