Peristiwa

Ratusan Orang Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Kelenteng Hok Liong Kiong Jombang

Bupati Jombang Mundjidah Wahab (kanan) saat meninjau vaksinasi di Kelenteng Hok Liong Kiong Jombang, Jawa Timur, Senin (6/9/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Ratusan orang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kelenteng Hok Liong Kiong Jombang, Jawa Timur, Senin (6/9/2021). Sebanyak 300 dosis vaksin jenis Sinovac disiapkan untuk para jemaat kelenteng dan masyarakat sekitarnya.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab bersama Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho, perwakilan dari Kodim 0814, dan Pengurus Jemaat Tri Dharma Kelenteng Hok Liong Kiong Jombang memantau pelaksanaan vaksinasi yang tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) itu.

Pelaksanaan vaksinasi berlangsung tertib. Para peserta melewati tiga tahapan. Pertama, melakukan pendaftaran atau registrasi, kemudian skrining kesehatan yang meliputi pengecekan tensi darah dan pengecekan suhu, dan terakhir penyuntikan vaksin.

Luasnya lingkungan kelenteng, membuat petugas lebih mudah dalam mengatur antrean, sehingga tidak sampai terjadi kerumunan. “Kami ucapan terima kasih dan apresiasi atas sinergitas TNI, Polri dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Bupati Jombang menambahkan, saat ini perkembangan Covid-19 di wilayahnya terus melandai. Namun demikian, upaya valksinasi terus dilakukan. Hal itu untuk mengejar terciptanya kekebalan komunal (herd immunity) di Kabupaten Jombang.

Melalui vaksinasi ini, lanjut Mundjidah, jumlah warga Jombang yang mendapatkan vaksin covid-19 semakin bertambah. Bupati menyebut, persentase vaksin dosis 1 di Jombang mencapai 60,2%, kemudian dosis 2 sebesar 38,5% dan dosis 3 – 0,4%.

“Untuk percepatan capaian vaksinasi di Kabupaten Jombang, pada 9-10 September 2021 kami menggelar Bulaga (Bupati Melayani Warga) di Kecamatan Tembelang. Acara tersebut juga akan dilaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan target vaksinasi 12 ribu dosis,” pungkas Bupati Mundjidah saat berada di lokasi.

Ketua Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Hok Liong Kiong Jombang Indra Wirianto mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali menggelar kegiatan serupa. Namun untuk kali ini difasilitasi oleh Polres Jombang. “Hari ini yang ikut vaksinasi 300 orang,” kata Indra.

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho mengingatkan, meski sudah mengikuti vaksinasi, namun tidak boleh kendor dalam menerapkan protokol kesehatan. Karena Pandemi Covid-19 belum berakhir. “Harus tetap disiplin memakai masker dan rajin cuci tangan, serta menjaga jarak. Selain itu menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” pesan Kapolres Jombang. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar