Peristiwa

Ratusan GP Ansor Gresik Konvoi Keliling Pantai Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Ratusan GP Ansor Gresik melakukan konvoi keliling pantai Gresik. Kegiatan tersebut, untuk menjaga perairan laut sebagai pintu masuk penyebaran Islam Nusantara khususnya di Gresik, Sabtu (8/2/2020).

Konvoi yang dimulai dari Balai Keling, Jalan RE Martadinata, Kelurahan Kroman, Kecamatan Gresik, dipimpin Ketua PC GP Ansor Gresik, dan masing-masing pengurus PAC GP Ansor se-Kabupaten Gresik.

Dalam konvoi tersebut juga melibatkan belasan perahu nelayan menyisiri pantai Gresik sejauh puluhan kilometer dengan dikawal kapal Satpolair Gresik.

“Kegiatan ini untuk memperingati Harlah NU ke 94 sekaligus napak tilas penyebaran Islam yang masuk ke Gresik serta mengenang pejuang islam di wilayah pesisir Utara Pantai Gresik,” kata Ketua PC GP Ansor Gresik, Agus Junaidi Hamzah.

Menurut Agus selain untuk menguatkan Kader Ansor menjadi kader maritim. Kegiatan ini juga bisa membantu Polair dan para nelayan untuk menjaga laut. “Ini pertama kegiatan Banser maritim, kerjasama dengan Satpolair Polres Gresik. Harapannya, teman-teman Ansor Banser bisa ikut menjaga perairan dan meneladani ajaran-ajaran islam di wilayah pesisir Gresik,” paparnya.

Sementara seorang peserta konvoi Maritim, Giono mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat, selain menambah pengalaman juga mengenang perjuangan wali songo dalam menyebarkan ajaran Islam.

“Di Gresik ini ada Wali Songo, yaitu Sunan Syeh Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Ada juga saudagar Islam Siti Fatimah binti Maimun dan Nyai Ageng Pinatih,” ujar Banser asal Benjeng ini. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar