Peristiwa

Ratusan Banser Kediri Digembleng Materi Kebencanaan

Kediri (beritajatim.com) – Agar lebih profesional dan terlatih saat terjun di lapangan, ratusan Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) Kabupaten Kediri diberikan materi tentang tanggap bencana.

Kegiatan yang dilangsungkan di MTs Miftahul Huda Desa Silir, Kecamatan Wates ini diselenggarakan sesuai dengan penerapan protokol kesehatan. Sebelum memasuki ruangan, seluruh peserta dilakukan rapid tes terlebih dahulu, seluruh peserta maupun tamu undangan wajib menggunakan masker, serta sebelumnya diwajibkan juga melakukan cuci tangan menggunakan sabun.

Dalam acara yang diikuti 120 anggota Banser se-Kabupaten Kediri ini disampaikan beberapa materi tentang ketanggap-daruratan bencana. Materi tersebut diberikan oleh narasumber yang memang ahli dalam bidangnya. Beberapa pemateri tersebut antara lain, Roshid dari Bagana Nasional, Panut dari Unit Reaksi Cepat (URC) BPBD Kabupaten Kediri.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kediri Rizmi Haitami Azizi mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk peningkatan atau upgrade skill anggota khususnya dalam bidang tanggap bencana.

“Kegiatan ini merupakan bentuk pembenahan dan kesiapan dini anggota Banser sebelum bersinergi dengan pemerintah, TNI dan Polri. Nantinya mereka terjun untuk membantu masyarakat khususnya dalam bidang kedaruratan bencana,” kata pria yang akrab disapa Gus Rizmi.

Selain itu, Gus Rizmi juga mengungkapkan, mengingat banyaknya anggota Banser di Kabupaten Kediri yang jumlahnya lebih dari 1000 kader, kegiatan ini dilangsungkan secara bertahap.

“Selain tentang materi tanggap bencana, kedepan para anggota akan kami latih juga bidang lain seperti sosial, kesehatan, bidang lalu lintas. Sehingga anggota benar-benar siap ketika terjun di masyarakat,” kata Gus Rizmi.

“Kedepannya kita (Banser) harus berkhidmat dan mengabdi ke masyarakat, karena tujuan Ansor dan Banser adalah memang dibentuk untuk berkhidmat kepada negara, kepada ulama, kepada agama dan masyarakat. Intinya masyarakat mendapatkan manfaat dari kehadiran banser,” tutup Gus Rizmi. [nm/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar