Peristiwa

QR Code Indonesian Standart Efektif Diberlakukan Hari Ini

Jember (beritajatim.com) – QRIS (QR Code Indonesian Standart) efektif diberlakukan hari ini. Kantor Bank Indonesia Jember, Jawa Timur sudah melaksanakan serangkaian sosialisasi.

QRIS adalah standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking. Sistem ini diluncurkan pada perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun lalu.

“BI sudah memberikan masa transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP),” kata Pemimpin Kantor BI Jember Hestu Wibowo.

“Dalam persiapan implementasi QRIS di wilayah kerja BI Jember, kami telah melaksanakan beberapa kegiatan pada saat masa transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP),” kata Hestu Rabu (1/1/2020).

Sejumlah program itu, pertama, elektronifikasi rumah ibadah. “Kami telah melakukan sosialisasi/edukasi tentang QRIS kepada takmir masjid di wilayah Jember tentang manfaat QRIS dalam donasi,” kata Hestu.

Kedua, implementasi QRIS di universitas, pasar tradisional, dan pelaku usaha khas daerah. “Kami telah melakukan upaya untuk mendorong implementasi QRIS dengan cara melakukan edukasi bersama dengan OVO dan LinkAja,” kata Hestu.

Sejumlah sasaran adalah koperasi mahasiswa UNEJ, IAIN dan Poltek Jember; koperasi karyawan STIE Mandala, Unej, dan Unmuh Jember; Pemilik toko oleh-oleh khas Jember; Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember; dan kelompok sadar wisata Desa Arjasa.

Ketiga, edukasi dan sosialisasi QRIS melalui talkshow di radio, kepada pemerintah daerah, dan kepada persatuan guru ekonomi Jember. “Terakhir, implementasi QRIS kepada seluruh pedagang kaki lima. Retribusi pasar di taman Sri Tanjung Banyuwangi telah menggunakan kanal pembayaran QRIS sebagai pembayaran,” kata Hestu.

“Ke depan, implementasi QRIS ini diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan karena penggunaannya yang mudah dijangkau masyarakat, transaksi lebih cepat, efektif dan efisien,” kata Hestu.

QRIS sendiri memang bersifat universal, gampang, menguntungkan dan langsung. “QRIS inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan di domestik dan luar negeri. Transaksi dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman,  satu kode QR untuk semua aplikasil. Transaksi cepat dan seketika, mendukung kelancaran sistem pembayaran,” kata Hestu. (wir/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar