Peristiwa

Lawan Covid-19

PWM Jatim: Kami Bantu Tak Pandang Agama dan Ideologinya!

Surabaya (beritajatim.com) – PW Muhammadiyah (PWM) Jatim membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) untuk membantu masyarakat korban terdampak pandemi Covid-19.

MCCC mendistribusikan bantuan kebutuhan pokok ke 38 kabupaten/kota. “Paket sembako dari Pemprov Jatim dan donatur, kemudian kami bantu pendistribusiannya untuk masyarakat di daerah,” ujar Ketua MCCC Jatim, Tamhid Masyhudi di sela pemberangkatan pendistribusian di Kantor PW Muhammadiyah Jatim, Senin (27/4/2020).

Bantuan sembako yang dikirim berupa beras, telur, gula, kecap, kerupuk, minyak goreng, mi instan, serta ditambah masker dan cairan pembersih tangan. Pola pembagiannya, kata dia, relawan MCCC dari daerah se-Jatim datang ke kantor PWM dengan diterapkan aturan protokol kesehatan, seperti cuci tangan menggunakan air mengalir sebelum masuk kantor dan jaga jarak atau physical distancing.

Wakil Ketua PWM Jatim, Nadjib Hamid menegaskan, spirit Muhammadiyah adalah membantu masyarakat tidak pernah pandang bulu, tidak melihat agama dan ideologinya.

“Kalau hanya mengurus Muhammadiyah lebih clear, karena terdata. Tapi ini masyarakat secara luas juga harus dibantu, termasuk guru ngaji kampung di Surabaya. Kami beberapa lalu juga disambati kawan dari Malaysia dan kami kirim 1650 paket ke sana. Kami juga membantu Pemprov Jatim mendistribusikan bantuan ke masyarakat,” jelasnya.

PWM Jatim men-support pemprov untuk menyampaikan bantuan hingga sampai sasaran. Di tempat sama, Ketua Lazismu Jatim Zainul Muslimin menyampaikan bahwa pendistribusian sembako pada gelombang kedua ini adalah amanah dari Pemprov Jatim yang totalnya 2.500 paket.

“Muhammadiyah tetap punya komitmen untuk membantu masyarakat dan sasarannya tak memandang ideologis maupun agama,” ucapnya.

Pendakwah yang juga dokter hewan tersebut juga berkomitmen MCCC akan terus bergerak membantu dan bersinergi dengan pemerintah mengatasi wabah COVOD-19 ini hingga berakhir.

“Dengan kebersamaan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah, diharapkan mampu menangani wabah corona ini dan perekonomian normal kembali, serta kehidupan masyarakat berjalan seperti biasanya,” katanya.

Sementara itu, Ketua PW Aisyiyah Jatim Dalilah Candrawati menegaskan kesiapannya bersinergi dengan berbagai pihak untuk bersama-sama berjuang melawan COVID-19.

“Pada situasi ini, Aisyiyah sebagai ortom Muhammadiyah tak mungkin untuk tidak bersinergi. Kader Aisyiyah di seluruh Jatim siap bergerak untuk masyarakat dan berdoa agar situasi di negara ini kembali normal,” tuturnya. [tok/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar