Peristiwa

PWI Mojokerto Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Banjir

Mojokerto (beritajatim.com) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mojokerto menyalurkan bantuan ke korban bencana banjir di Desa Gedangan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Penyaluran bantuan tersebut merupakan puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN).

Ada sebanyak enam Kepala Keluarga (KK) di Desa Gedangan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto uang mendapatkan bantuan dari jurnalis di Mojokerto ini. Mereka adalah yang kehilangan rumah saat banjir menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto pada, Jumat (18/1/2019) lalu.

Sebanyak enam rumah warga tersabu air Kali Jatisari yang melintas di pertengahan desa. Ke enam rumah warga tersebut berada di aliran sepanjang Kali Jatisari. Bahkan empat diantaranya hilang dan harus meninggalkan lokasi rumahnya dan mendirikan rumah baru di lokasi milik orang lain.

Kepala Desa (Kades) Gedangan, Hadi Suyono mengatakan, empat keluarga di pinggir sungai pindah ke tanah milik warga lain untuk mendirikan rumah semantara. “Rencananya direklamasi dulu, dulu rumah menghadap barat tapi nanti akan dibangun menghadap ke selatan,” ungkapnya, Kamis (28/2/2019).

Meski dalam hal tersebut Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto yang mempunyai kewenangan, namun pihak desa tidak tinggal diam dan memberikan bantuan berupa materiil. Rencananya akan dibangun pondasi disejajarkan dengan jalan tapi tidak sampai belakang.

“Dibutuh sekitar 21 meter sampai 16 meter panjangnya dan tingginya sejajar dengan jalan sebelum akhirnya empat rumah kembali dibangun disitu. Tapi saat ini masih membutuhkan sirtu dan batu karena sampai sekarang pihak Dinsos belum memberikan bantuan,” katanya.

Ketua PWI Mojokerto, Diak Eko Purwoto mengatakan, bantuan yang diberikan PWI Mojokerto diharapkan bisa sedikit meringankan beban korban bencana banjir. “Terkait korban yang belum mendapatkan bantuan, PWI akan berusaha mendorong pihak terkait untuk segera memberikan bantuan,” tuturnya.

Eman korban yang mendapatkan bantuan dari PWI Mojokerto tersebut yakni Sunardi, Buwari, Marsono, Suwarto, Mismuniah dan Ngatminah. Rumah enam korban tersebut merupakan yang mengalami kerusakan terparah dari 15 rumah terdampak.

Penyaluran bantuan tersebut merupakan puncak peringatan HPN 2019 PWI Mojokerto yang digelar selama tiga hari berturut-turut. Dimulai Selasa (26/2/2019) khitanan massal dan donor darah dan Rabu (27/2/2019) sarasehan ‘Bijak Bermedsos’.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar