Peristiwa

PWI Kediri Beri Anugerah Lencana Hasta Adhi Warta untuk Dua Kapolres

Kediri (beritajatim.com) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri memberikan Anugerah Lencana Hasta Adhi Warta kepada Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono dan Kapolres Kediri Kota AKBP Prasetyo. Penghargaan tersebut disampaikan secara langsung ke markas masing-masing.

Pembina PWI Kediri Perwakilan Kediri, Mega Wulandari, menyematkan Lencana Hasta Adhi Warta, di seragam sebelah kiri para Kapolres. “Lencana Hasta Adhi Warta ini kami berikan kepada beberapa pihak, baik atas nama pribadi maupun instansi yang berjasa dalam keterbukaan informasi publik. Khususnya bagi mereka yang telah memberi kontribusi pada penanganan Wabah Covid-19,” katanya di Mako Polres Kediri, Kamis (25/3/2021).

PWI Kediri juga berbagi tips kepada anggota kepolisian setempat bagaimana cara menyebarluaskan informasi publik dengan cara bijak dan tepat sasaran. Salah satunya, dengan memberi data tersebut kepada insan pers yang telah terverifikasi secara resmi di Dewan Pers.

“Caranya cukup mudah, misalnya ada pihak yang mengaku jurnalis datang ke suatu lembaga untuk meminta data, maka humas di instansi itu hanya perlu mengecek kebenaran nama wartawan yang bersangkutan, apakah sudah mendapatkan kartu keikutsertaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan terdaftar di Dewan Pers,” ujarnya.

“Kalau sudah, maka data yang diminta oleh media itu boleh diberikan, tapi jika nama pihak ini belum terdaftar, ya dipersilakan mengurus dulu. Sebab, zaman sekarang, membuat media di website sangat mudah dan besok sudah bisa menyandang predikat jurnalis, tapi kami dari PWI Kediri merasa perlu menyosialisasi mana saja organisasi profesi wartawan yang sudah diakui Dewan Pers, di antaranya PWI, IJTI, dan AJI,” katanya.

Hadir dalam penyerahan anugerah ini, Ketua PWI Perwakilan Kediri periode 2021-2024, Bambang Iswahyoedhi yang didampingi Sekretaris PWI Kediri Yusuf Abidin, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Muji Harjita, Wakil Sekretaris Agus Setiawan, dan Bendahara PWI Kediri Ayu Citra Sukma Rahayu.

Bambang mengatakan, saat ini semua pihak fokus dalam pencegahan dan penanganan covid-19. Hal ini juga termasuk anggota Kepolisian yang memiliki komitmen memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah hukumnya.

“Kami dari PWI Perwakilan Kediri memberikan apresiasi besar kepada jajaran kepolisian dengan memberikan Anugerah Hasta Adhi Warta ini. Kami berharap, peran kami sebagai media massa, yang didukung penuh oleh pihak kepolisian, bisa terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, memberikan edukasi yang baik, agar bersama-sama melawan penyebaran Virus Corona,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Kediri Kota, AKBP Eko Prasetyo, menyampaikan, ucapan terima kasihnya kepada PWI Kediri yang selama ini telah bekerja sama dengan Polres Kediri Kota dalam menyukseskan Program Pencegahan Covid-19. Salah satunya melalui pemberitaan di media massa baik online, cetak, radio, dan televisi.

“Kami ikut memberi apresiasi pula pada rekan pers, terutama melalui PWI Kediri yang telah mengawal segala pemberitaan Pencegahan Covid-19 di Kota Kediri. Mari kita bersama-sama terus berupaya menekan kasus perluasan Covid-19 dengan Penegakan Protokol Kesehatan 5M,” katanya.

Sedangkan, Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, mengaku bangga kepada kehadiran jurnalis, melalui PWI Kediri yang telah berdedikasi dalam menyebarluaskan berita Pencegahan Covid-19 dan ikut menangkal berita hoax yang muncul selama Pandemi Virus Corona.

“Kami harap, jalinan sinergi yang sudah terbentuk ini dapat makin ditingkatkan. Bahkan, dalam kesempatan lainnya hubungan antara anggota Polres Kediri dan PWI Kediri adalah mitra, serta saling mendukung. Hal ini mengingat peran pers sebagai kontrol sosial dan upaya inilah yang turut mewujudkan Kamtibmas di lingkup Kabupaten Kediri,” tutupnya. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar