Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Puting Beliung Terjang Montorna Sumenep, 9 Bangunan Rusak

Sumenep (beritajatim.com) – Hujan deras disertai angin kencang merobohkan sejumlah bangunan di Desa Montorna, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Senin (27/12/2021).

Tercatat sedikitnya 9 bangunan rusak, terdiri dari 7 rumah dan 2 musala. Dari 9 bangunan itu, 4 diantaranya rusak berat hingga roboh, dan 5 lainnya rusak ringan.

Salah satu warga Desa Montornah, Ahmadi menuturkan, desanya diguyur hujan deras sekitar 1 jam. Bahkan ia menyebut bukan hujan biasa, melainkan hujan es.

“Hujannya itu deras disertai hujan es. Terus juga anginnya kencang seperti angin puting beliung,” katanya.

Bersamaan dengan angin kencang, terdengar suara gemuruh. Ternyata sejumlah bangunan roboh. Beberapa atap rumah warga juga beterbangan terbawa angin.

“Ada 2 rumah dan 2 musala yang rusak berat. Bahkan 1 musala itu ambruk. Tidak bisa digunakan,” ujar Ahmadi.

Setelah hujan dan angin reda, warga pun bergotong-royong membersihkan puing-puing bangunan yang roboh tersapu angin puting beliung. Sebagian lagi membenahi genteng rumah.

“Sudah ditangani bersama oleh warga, supaya rumah yang gentengnya beterbangan bisa ditempati. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Cuma kerugian mencapai puluhan juta,” terangnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd. Rahman Riyadi mengaku saat ini pihaknya tengah dalam pendataan bangunan-bangunan warga yang terkena angin puting beliung.

“Besok kami akan ke lokasi sambil menyerahkan bantuan berupa sembako dan terpal. Untuk bantuan berupa uang tunai akan kami salurkan berikutnya,” papar Rahman. [tem/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar