Peristiwa

Puting Beliung Terjang Dua Desa di Tanggulangin Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Puluhan rumah warga Desa Banjarpanji dan Desa Banjarasri, Kecamatan Tanggulangin, porak-poranda akibat diterjang angin puting beliung, Rabu (25/12/209).

Rumah-rumah warga itu mengalami kerusakan. Mulai genting rontok, teras rumah roboh, serta atap rumah terbang tersapu kencangnya angin yang datang beberapa menit tersebut. Tak hanya itu, pepohonan di dua tersebut juga banyak yang tumbang.

Sekretaris Desa Banjarpanji Abdul Rochman mengatakan, puting beliung yang menerjang rumah warga itu datang sangat cepat. Awalnya, pusaran angin di samping warung apung, kemudian membesar kearah selatan dan menerjang pohon, atap, kanopi, serta tembok. “Warga yang melihat peristiwa itu merasa ketakutan, berlarian mencari tempat perlindungan,” ucapnya.

Rochman merinci, kerusakan rumah di lingkungan RT 01, 02, 03 RW 01, dan RT 07, 08 RW 02, mencapau 50 unit. Kerusakan itu rata-rata atap (genting), kanopi dan tembok. Sedangkan kerusakan paling parah, adalah warung apung karena atapnya lepas terbawa angin.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Hanya kerugian material yang dialami warga. Taksiran nilai kerugian masih dihitung,” tambah Rochman.

Sampai kini, warga setempat juga masih ada yang bergotong-royong membersihkan reruntuhan genting, seng kanopi, dan batu bata yang berserakan. Termasuk ada juga warga yang melakukan pemotongan kayu dan pohon yang roboh menutupi akses jalan.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Banjarasri Sudarna menjelaskan, di wilayahnya hanya ada dua unit rumah yang terkena terkena puting beliung.

“Kerusakan paling parah, rumah warga di belakang kantor balai desa, dan satunya di samping masjid. Sedangkan atap pendopo kantor balai desa rontok pada bagian atap. “Seluruh warga selamat,” imbuhnya. [isa/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar