Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Purwodadi Jadi Wilayah Kedua Pasuruan dengan Kasus Wabah PMK Terbanyak

Pasuruan (beritajatim.com) – Wakil Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron, menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah sapi milik warga di Kabupaten Pasuruan. Sidak dilakukan di dua wilayah, Purwodadi dan Tutur pada Sabtu (25/06/2022).

Pada sidak pertamanya, Gus Mujib, sapaan akrabnya, mengunjungi peternakan sapi perah milik warga di Dusun Kejoren, Desa Gerbo, Kecamatan Purwodadi. Terdapat 1.100 sapi, dengan 992 ekor dinyatakan terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Tak hanya itu saja, Kecamatan Purwodadi menjadi wilayah kedua di Kabupaten Pasuruan dengan jumlah kasus positif PMK paling tinggi setelah Kecamatan Prigen. Dengan fakta tersebut, Gus Mujib menegaskan dua wilayah ini menjadi prioritas pendistribusian vaksin ternak paling banyak bila dibandingkan dengan wilayah yang lain.

“Kita distribusikan vaksin ternak ini ke 24 kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Namun ada beberapa wilayah yang kasusnya tinggi jelas jadi prioritas seperti Prigen, Purwodadi, Tutur, Lumbang, Lekok, Grati dan Purwosari,” katanya.

Total sebanyak 88 ribu vaksin ternak yang mulai dibagikan hari ini. Sedangkan sebelumnya ada 1000 dosis vaksin yang dibawa oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani saat berkunjung ke Koperasi Setia Kawan Nongkojajar, beberapa waktu lalu.

Dengan dibagikannya vaksin ternak, Gus Mujib berharap penularan PMK semakin bisa ditekan. Untuk itu, sembari menunggu datangnya vaksin berikutnya, Gus Mujib meminta kepada semua peternak sapi, kambing dan ternak lainnya untuk cepat melapor apabila mengetahui ternaknya sakit dengan gejala PMK.

Apabila cepat melapor, petugas akan sigap untuk menuju lokasi guna mengobati sekaligus mengisolir sapi-sapi lain dan melakukan penyemprotan desinfektan di sekitar kandang.

“Yang penting cepat melapor. Biar tidak terlambat, karena ini ikhtiyar kita bersama. Sapi yang sehat kita vaksin, dan yang sakit kita obati sampai sembuh,” harapnya.

Menurut informasi yang dihimpun saat ini hewan ternak sapi di Kabupaten Pasuruan terdapat 5.254 ekor yang dinyatakan sakit. Tak hanya itu, PMK juga mulai menyerang hewan ternak kambing dan terbukti ada 2 hewan ternak yang terindikasi sakit. (ada/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar