Peristiwa

Puluhan Rumah di Banyuwangi Terendam Banjir

Banyuwangi (beritajatim.com) – Warga yang tinggal di Lingkungan Lebak, Kelurahan Tukang Kayu, Kecamatan Banyuwangi Kota harus mengalami dampak genangan air hujan yang cukup parah. Karena, air tidak hanya menggenangi luar rumah tetapi juga masuk ke dalam rumah.

Menurut Tomy warga setempat, air masuk sekitar pukul 14.30 WIB, akibat hujan deras sejak siang. Ketinggian air terus bertambah saat hujan terus mengguyur daerahnya. “Air masuk dari jalan semua ke sini. Sebenarnya sudah ada resapan air tapi tidak dapat menampung debit air cukup deras,” katanya, Senin (9/3/2020).

Selain rumah, ada dua musala yang juga ikut terendam. Warga hanya berusaha mengamankan barangnya ke tempat yang lebih tinggi. “Air datang cepat sekali, karena memang hujannya deras. Sekitar 25 rumah dan dua musala yang juga terendam,” jelasnya.

Sebab lain, karena debit sungai Kali Lo yang berada tepat di dekat permukiman warga ini juga cukup tinggi. Air berasal dari hulu sungai akibat hujan yang cukup deras. “Padahal plengsengan sungai itu sudah tinggi, tapi karena hujan deras air masuk dari jalan timur dan selatan ke sini semua,” terangnya.

Selain di Lingkungan Lebak Kelurahan Tukang Kayu, banjir juga terjadi di Lingkungan Kampung Ujung, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi Kota. Setidaknya ada puluhan rumah yang berada tepat di ujung pesisir pantai turut terendam. Sementara belum ada data resmi dari BPBD Banyuwangi terkait jumlah warga dan rumah terdampak genangan banjir. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar