Peristiwa

Puluhan Pendukung Cakades Desa Sukomulyo Unras Tuntut Coblos Ulang

Gresik (beritajatim.com)- Puluhan pendukung calon kepala desa (Cakades) Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Gresik, melakukan unjuk rasa (Unras) menuntut pencoblosan ulang. Massa pendukung Cakades nomor urut satu A.Munir bersama simpatisannya mendatangi balai desa, dan Kantor Kecamatan Manyar.

Ada empat tuntutan yang disampaikan oleh pendukung A.Munir. Pertama, menolak pelaksanaan Pilkades pada 31 April 2019 lalu. Kedua, menuntut pelaksanaan hitung ulang, ketiga meminta pencobsolan susulan, dan keempat meminta penggantian panitia pencoblosan kepala desa.

Korlap aksi Mat Baderi mengatakan, aksi unjuk rasa yang dilakukan ini menolak hasil Pilkades di Desa Sukomulyo karena ada dugaan kecurangan. “Kami menolah hasil Pilkades yang sudah berlangsung pada 31 Juli 2019 lalu. Hal ini karena pilkades tersebut settingan, dan semrawut,” katanya, Rabu (14/08/2019).

Terkait dengan tuntutan itu, salah satu panitia Pilkades Sukomulyo, H.Sugiartono menuturkan, mengenai tuntutan Cakades nomor urut satu. Hasil penghitungan pada plano, dan jumlah surat suara yang dikeluarkan dari kotak suara adalah sama. Tidak ada perbedaan, hal ini sudah dibuktikan dengan tanda tangan masing masing saksi.

“Sarana, dan prasarana TPS sudah sangat memadai. Sehingga, surat undangan pemilih yang sudah masuk ke panitia diberikan kesempatan sama untuk menggunakan hak memilihnya. Untuk itu, tuntutan pencoblosan susulan tidak dapat dipenuhi,” ujarnya.

Pj Kades Sukomulyo Jaala menuturkan, tuntutan dari Cakades nomor urut satu sebenarnya sudah dijawab dalam tanggapan pada 3 Agustus 2019 lalu. “Kalau tidak puas yang bersangkutan bisa menempuh jalur hukum,” ungkapnya.

Secara terpisah, Camat Manyar, Suyono mengatakan, terkait dengan unjuk rasa ini. Pihaknya meminta maaf hasil pelaksanaan Pilkades Sukomulyo ini sudah bukan wewenang Camat Manyar maupun Bupati Gresik. Untuk itu, dirinya meminta agar simpatisan Cakades nomor urut satu menempuh jalur di PTUN. “Silahkan bisa menempuh jalur hukum di PTUN. Sebab, mekanisme aturannya seperti itu,” tandasnya.

Berdasarkan hasil Pilkades Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Gresik. Daftar pemilih tetap (DPT) di desa tersebut ada 7.441 suara. Sedangkan jumlah perolehan suara. Calon nomor urut satu A.Munir mendapatkan 1.680 suara. Sementara calon nomor urut dua Subiyanto mendapatkan 1.683 suara. Suara yang sah 3.363 suara, tidak sah 41 suara. Warga hadir ada 3.404 suara, dan yang tidak hadir 4.037 suara. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar