Peristiwa

Puluhan Pemudik Tujuan Magetan Jalani Rapid Test di Terminal Maospati

Petugas saat melakukan tes cepat kepada pemudik di Terminal Magetan, Kamis (31/12/2020). (Foto/Ade Mas Satrio Gunawan).

Magetan (beritajatim.com) – Puluhan penumpang bus yang turun di Terminal Maospati Magetan menjalani “rapid test antigen” atau tes cepat antigen. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Magetan memastikan pemudik bisa pulang kampung secara aman, nyaman, dan sehat di tengah pandemi.

Pantauan Beritajatim.com di Terminal Tipe B tersebut, sejumlah penumpang yang turun dari kendaraan antar kota antarprovinsi (AKAP) langsung diarahkan untuk mengantre pemeriksaan rapid test.

“Sampling ini dilakukan secara acak, khusus untuk pemudik atau penumpang yang bertujuan Magetan. Setelah test, mereka kita minta untuk menunggu hasilnya sekitar 15-20 menit,” ujar Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana, Kamis (31/12/2020).

Festo menyampaikan, rapid test antigen tersebut merupakan bentuk dari kepedulian pemerintah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 sehingga tidak menyebabkan kluster baru sekaligus untuk membuat sadar masyarakat atas kebutuhan kesehatan mereka, dan membuat masyarakat lebih bijak lagi.

“Kalau memang harus bepergian wajib melengkapi dengan surat sehat, sehingga bisa memberikan jaminan kepada masyarakat yang didatangi bahwa mereka bebas dari virus corona,” harapnya.

Sementara itu, Tina Royani (31) pemudik dari Surabaya warga asli Desa Dadi kecamatan Plaosan ini mengapresiasi tindakan Pemerintah Kabupaten Magetan yang melakukan rapid test di terminal Maospati.

“Bagus banget mas, soalnya kita dari luar kota, kita disana sehat tapi di perjalanan kita gak tahu, dan memberikan keamanan untuk warga Magetan juga,” katanya.

Sebagai informasi kegiatan ini, dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nasional No 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19. [asg/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar