Peristiwa

Puluhan Pekerja Kilang Tuban Bersihkan Sampah di Pantai

Tuban (beritajatim.com) – Puluhan pekerja dari proyek penyiapan lahan untuk pembangunan Kilang Minyak Pertamina di Tuban melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di kawasan pantai yang berada di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Kamis (25/4/2019).

Kegiatan bersih pantai tersebut dilakukan sebagai bentuk keprihatinan terkait keberadaan pesisir pantai itu yang banyak ditemukan sampah. Yang mana selama ini keberadaan pantai itu dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah oleh masyarakat sekitar.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, keberadaan sampah berbagai macam terutama popok bayi tampak menumpuk di pinggir pantai ada di sekitar lahan KLHK yang akan di bangun Kilang Tuban. Diperkirakan keberadaan tumpukan sampah itu sudah ada sejak beberapa tahun.

“Ini panjangnya yang kita bersihkan sekitar 500 meter. Memang ini sampahnya sudah banyak menumpuk,” terang Kemas A.Johansyah, Manager Health Safety Security Environment (HSSE) Proyek Kilang Tuban.

Kemas menjelaskan proses pembersihan tumpukan sampah yang sudah sangat banyak di pantai tersebut akan dilakukan sampai bersih. Yang mana sampah-sampah plastik dan sebagian besar popok bayi tersebut kemudian diangkut dengan menggunakan truk dan di buang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

“Prediksi ini akan selesai dilakukan dua sampai tiga hari. Selain itu melihat jenis sampahnya tempat pembuangannya memang jauh dari sini,” tambahnya saat berada di lokasi bersih-bersih sampah di pantai itu.

Setelah semua sampah yang ada di pantai tersebut dibersihkan, pihaknya akan melakukan edukasi terhadap masyarakat supaya tidak lagi membuang sampah di lokasi itu demi menjaga kebersihan pantai. Yakni dengan cara di pasangan tulisan larangan membuang sampah di lokasi itu.

“Sebenarnya pantai ini bagus. Makanya nanti akan kita pasang tulisan supaya tidak membuang sampah di kawasan pantai ini,” paparnya.

Sementara itu, selain keberadaan sampah yang sudah menggunung kawasan pantai Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Tuban itu sudah banyak mengalami ambrasi. Pasalnya, keberadaan pasir di pantai tersebut banyak diambil dengan membawa kendaraan pick up.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar