Pendidikan & Kesehatan, Peristiwa

Puluhan Pasien DBD Dirawat di RSUD Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Jumlah penderita DBD (Demam Berdarah Dengue) di Jombang membludak. Hingga saat ini sudah ada 70 pasien yang menjalani perawatan di RSUD Jombang.

“Dari jumlah itu, 22 diantaranya sudah dinyatakan positif DBD. Ada yang tingkat kegawatan biasa, hingga kegawatan tinggi,” kata Direktur RSUD Jombang, Pudji Umbaran, Rabu (30/1/2019).

Pudji menjelaskan, musim hujan ini jumlah pasien yang dirujuk ke RSUD meningkat tiga kali lipat dibanding musim sebelumnya. Bahkan, pada awal Januari lalu, jumlah pasien DBD yang sempat menjalani perawatan mencapai 200 orang.

Menurut Pudji, tingginya jumlah pasien DBD tersebut karena RSUD Jombang merupakan rumah sakit rujukan regional Jatim bagian tengah. Dia lantas merinci, rujukan di PPK 1 dan PPK 2 bagian anak ada 63 pasien. Dari jumlah itu terdapat 17 pasien positif DB dengan grade 2.

“Kemudian di  ICCU Central  ada 7 pasien, yang lima diantaranya positif DB dengan tingkat kegawatan grade 3. Kami berupaya melayani seluruh pasien tersebut secara maksimal.  Selain obat-obatan, kami mempersiapkan pemberian cairan secara berimbang,” ujarnya.

Terpisah, data di Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, hingga Selasa (29/1/2019) tercatat ada 66 pasien positif DBD. Dari jumlah itu dua diantaranya meninggal. Masing-masing dari Kecamatan Jogoroto dan Kecamatan Gudo.

“Berdasarkan hasil evaluasi, kasus kematian ini rata-rata disebabkan karena keterlambatan masyarakat dalam mendeteksi DBD secara dini.  Yang terkahir meninggal asal Kecamatan Gudo ini juga demikian. Yakni terlambatnya deteksi dini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jombang, drg Subandriyah. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar