Peristiwa

Puluhan Bus dan Kendaraan Diminta Putar Balik di Jembatan Suramadu

Petugas melakukan pemeriksaan surat dan kendaraan dan surat jalan di Jembatan Suramadu, Surabaya, Kamis (6/5/2021).(Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Sejumlah kendaraan tampak menjalani pemeriksaan di pos PAM Jembatan Suramadu, Surabaya. Kendaraan yang dilakukan pemeriksaan diantaranya adalah kendaraan selain plat L, W dan M.

Kapos PAM Suramadu, Iptu Sunarto, menjelaskan, dari data pertama dilakukan pemeriksaan dari pukul 00.00 WIB hingga pagi pukul 08.00 WIB banyak kendaraan harus putar balik. Termasuk 20 bus berpenumpang penuh, 140 mobil, dan 25 sepeda motor.

“Banyak yang harus kita putar balik karena memang para pemudik ini mencuri start namun sampai di Suramadu masuk saat dini hari. Harus putar balik, jika tidak akan kita lakukan tindak lanjut sesuai prosedur tetap,” jelasnya kepada┬áberitajatim.com, Kamis (6/5/2021).

Petugas melakukan pemeriksaan surat dan kendaraan dan surat jalan di Jembatan Suramadu, Surabaya, Kamis (6/5/2021).(Manik Priyo Prabowo)

Sunarto menjelaskan, saat putar balik ini dilakukan karena kendaraan merupakan kelompok pemudik. Sehingga lanjutnya, jika pemudik nekat minta pulang akan diambil prosedur lain. Prosedur lain yakni pemudik dibawa ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk menjalani rapid tes.

Jika nantinya para pemudik ini positif, maka akan dilakukan karantina sampai dinyatakan sudah bebas dari Covid-19. Namun jika pemudik negatif, maka akan dilakukan pembersihan dan penyemprotan desinfektan dan dilanjutkan pulang ke kampung asalnya.

“Ada yang bisa lanjut jika menunjukkan surat sehat atau bebas covid. Jika selain plat W, L dan M ingin keluar masuk pengemudi atau penumpang harus ada surat ijin kerja atau dinas. Selain itu tidak bisa,” tandasnya.

Dalam pengamatan beritajatim.com selama 1 jam di Jembatan Suramadu, tercatat ada 20 lebih kendaraan diperiksa petugas. Namun para pengemudi atau penumpang bisa menunjukkan surat tugas dan keterangan lain sesuai aturan.

Dalam pos jaga Suramadu, dilakukan penjagaan dua sift kerja. Dua sif ini dibagi menjadi enam kelompok dan tiap kelompok berjaga selama dua jam.(man/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar