Peristiwa

Pujian Singkat Presiden Jokowi untuk KH Wahab Chasbullah Jombang

Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan secara virtual Haul Emas KH Wahab Chasbullah, Selasa (22/6/2021) malam

Jombang (beritajatim.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan secara virtual pada Haul Emas KH Abdul Wahab Chasbullah, Selasa (22/6/2021) malam. Sambutan presiden itu tidak berlangsung lama, hanya sekitar 5 menit. Namun sarat makna.

Mengenakan jas warna biru tua, Jokowi memulai sambutannya dengan menyapa seluruh hadirin. Bicarnya lambat-lambat penuh ketenangan. Sementara para hadirin yang berada di Masjid Jamik PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas menyimak melalui layar kaca.

 

Jokowi kemudian memuji sosok Pahlawan Nasional KH Abdul Wahab Chasbullah. Menurut mantan Wali Kota Solo ini, Kiai Wahab adalah sosok ulama yang cinta tanah air. Selalu menggelorakan semangat kebangsaan.

“Kita mengenal beliau sebagai ulama besar. Sebagai penggerak dan inisiator berdirinya jamiyah NU (Nahdlatul Ulama). Kiai yang memiliki wawasan luas, berpandangan modern, dengan cita-cita besar dan mulia,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, teladan akhlak Kiai Wahab akan terus abadi menjadi isnpirasi bagi bangsa Indonesia. Utamanya dalam menghadapai kondisi seperti sekarang ini. “Dengan doa para kiai, ulama dan habaib, serta ikhtiar masyarakat, kita akan mampu melewati ujian yang sulit ini dengan kemenangan,” kata Jokowi mengakhiri sambutannya.

Selain Jokowi, tokoh yang hadir secara virtual adalah Ketua Umum PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) KH Said Aqiel Siradj. Kiai Said juga menyampaikan sambutan lewat layar kaca. Sedangkan yang hadir secara langsung di Masjid Jamik Tambakberas yaitu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Ketua PWNU (Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama) Jatim KH Marzuki Mustamar.

Selain itu juga hadir KH Mustofa Aqiel Siradj, KH Masduki Abdurrahman Alhafidz, Gus Miftah, serta para pengasuh pondok pesantren di Jombang. Haul ke-50 tahun KH Abdul Wahab Hasbullah ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Undangan yang hadir dibatasi, kemudian mereka harus mencuci tangan pakai sabun, serta mengenakan masker.

Para undangan Haul Emas KH Wahab Chasbullah yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat

Putri KH Wahab Chasbullah, Hj Mundjidah Wahab mewakili keluarga mengucapkan terima kasih kehadirian seluruh undangan. Mundjidah juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara tersebut.

“Panitia juga menggelar khataman Alquran di 50 majlis yang tersebar di 21 kecamatan. Kemudian takziah ke makam KH Abdul Wahab Chasbullah, serta santunan untuk 50 anak yatim dan 50 fakir miskin,” kata Mundjidah yang juga Bupati Jombang ini.

Selain Mundjidah, seluruh putra dan putri Kiai Wahab juga hadir di acara haul emas tersebut. Di antaranya, KH Hasib Wahab, KH Roqib Wahab, Hj Mahfudhoh Ali Ubaid, Hj Hizbiyah Rachim dan Ny Hj Mutamaroh Wahab. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar