Peristiwa

PT Pindad Uji Coba Ranpur di Tanjakan Ekstrem Gunung Lawu

Magetan (beritajatim.com) – PT Pindad menguji coba kendaraan tempur (Ranpur) Komodo 4×4 pindad special vehicle di tanjakan ekstrim wilayah Gunung Lawu tepatnya di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Rabu (4/11/2020).

Koordinator uji coba PT Pindad Kol CP Helmi mengatakan uji coba dua unit Ranpur Jenis Komodo 4×4 buatan Pindad dengan no Kode Kemenhan No. 24 dan 26, dalam rangka menguji ketahanan kendaraan pada saat melewati medan tanjakan. Dua unit Ranpur Jenis Komodo 4×4 ini, dikawal oleh 10 kendaraan pendukung.

“Pengujian yang pertama Ranpur jenis Komodo 4×4 ini dengan rute Sarangan Cemoro sewu melewati jalur Selatan dengan tanjakan dan turunan 40 derajat,” ujar Koordinator uji coba PT Pindad Kol CP Helmi, Rabu (4/11/2020).

Dalam pelaksaan uji coba Ranpur komodo 4×4 ini juga diikuti oleh Kol CPL Helmi selaku koordinator uji coba dari Pindad bersama 44 anggota dari Pindad dan kemenhan, Kapten Inf Arif Wibowo, Danramil 0804/02 Plaosan bersama 6 orang anggota, Ipda Ahmad S Kanit Lantas Pos Plaosan bersama 3 orang anggota dan juga Kabid Kewaspadaan Dini Bakesbang Linmas, Kabupaten Magetan Dandun Wijaya Kusuma.

“Pengujian kedua dengan rute Ds. Ngerong, Dsn. Dadi, Kel Sarangan kembali ke Ds. Ngerong dgn tanjakan dan turunan 60 derajat,” tegas Kol CP Helmi.

Kegiatan uji Ranpur Jenis Komodo 4×4 oleh Pindad ini merupakan kegiatan dalam rangka menguji ketahanan dan kekuatan kendaraan tersebut dalam melintasi medan yg mempunyai tanjakan tinggi yang mana ranpur jenis Komodo 4×4 tersebut di Produksi oleh PT Pindad Persero yang dipesan oleh Kemenhan dan akan disiapkan untuk mendukung alutsista di jajaran TNI AD.

Setelah seluruh rangkaian Uji Coba Ranpur Komodo 4×4 selesai, selanjutnya rombongan meninggalkan wilayah Kab. Magetan menuju Jateng via jalur Kabupaten  Magetan – Kabupaten Karanganyar.(asg/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar