Peristiwa

PSU Perum Bumi Banjararum Singosari Belum Diserahkan, Warga Resah

Malang (beritajatim.com) – Masyarakat yang bermukim di Perumahan Bumi Banjararum Asri, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, mendesak pihak pengembang segera menyerahkan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) kepada Pemerintah Kabupaten Malang.

Eko, satu di antara warga Perumahan Banjararum Asri, meminta kepada pengembang perumahan agar segera menyerahkan PSU Perumahan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Apalagi, perumahan ini dibangun sejak tahun 1995 silam.

“Seingat saya, perumahan ini dibangun sejak 1995 lalu, tapi sampai sekarang belum diserahkan kepada pemerintah setempat” ungkap Eko Prasetiyo yang juga Ketua Rukun Warga (RW) 11 Desa Banjararum Perum Bumi Banjararum Asri Singosari, Sabtu (20/3/2021).

Warga kesulitan menghubungi pengembang untuk meminta penyerahan PSU. Selain kantor pengembang tidak diketahui keberadaannya, ketika ditagih selalu menghindar. Ia berharap, ada pihak yang membantu mendorong agar PSU segera diserahkan.

Sehingga, sarana dan prasarana berupa jalan, drainase dan fasilitas umum (fasum) lain bisa tersentuh pembangunan pemerintah setempat. Hal itu untuk meningkatkan kelayakan hunian masyarakat.

Eko menjelaskan, di sejumlah wilayah perumahan lain yang ada di sekitar Perumahan Bumi Banjararum Asri (BBA), saat ini sudah diserahkan kepada Pemkab Malang. Padahal, pembangunannya lebih dulu perumahan yang ditempati.

“Saya dapat informasi dari Pemdes seperti Perumahan Mondoroko, Griya Nagari dan Chandra Kirana itu sudah diserahkan ke Pemkab Malang, tetapi kenapa Bumi Banjararum Asri sampai saat ini belum diserahkan, ” tegasnya.

Akibatnya, Pemkab Malang tidak dapat memberikan bantuan untuk perbaikan fasilitas umum di perumahan tersebut, karena belum diserahkan hingga sekarang. Saat ini, kondisi jalan di perumahan itu rusak berat. Warga resah akibat tidak kunjung ada penyerahan PSU.

“Jalannya rusak, tidak bisa dapat bantuan karena belum ada penyerahan PSU, kami pernah komunikasi dengan pihak desa memang belum ada penyerahan, ” bebernya.

Amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman pada Pasal 23 poin (3) disebutkan, prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU) yang telah selesai dibangun oleh setiap orang harus diserahkan kepada pemerintah Kabupaten/Kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara Perumahan Bumi Banjararum Singosari sudah puluhan tahun dibangun, namun PSU belum kunjung diserahkan kepada Pemerintah Daerah.

Perumahan Banjararum Asri, Estate dan View selama ini, merupakan perumahan bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR beberapa tahun silam. Proyek perumahan tersebut dikerjakan oleh Koperasi Karyawan Sehat Sejahtera. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar