Peristiwa

Prediksi Kemarau Bulan Ini, BPBD Ponorogo Siapkan Droping Air Bersih

Ponorogo (beritajatim.com) – Sesuai perkiraan BMKG, BPBD Ponorogo memprediksi musim kemarau akan berlangsung mulai pertengahan bulan Juni ini. Mengantisipasi meningkatnya jumlah permintaan air bersih, kini pihaknya selalu stanby jika sewaktu-waktu ada permintaan.

”Sampai saat ini memang belum ada permintaan dropping air bersih. Tapi kini kami siaga sewaktu-waktu kalau ada panggilan,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono, Jumat (14/6/2019).

Untuk itu, kata Budi sapaan Setyo Budiono setiap hari selalu mengecek 3 armada yang dimiliki. Karena perannya sangat vital jika sudah mulai ada permintaan. Berdasarkan data tahun lalu sedikitnya 7863 jiwa atau 2234 KK terdampak krisis air bersih. Musim kemarau tahun lalu menjadi musim kekeringan paling panjang di antara tahun sebelumnya.

”Tahun lalu yang terparah di kecamatan Slahung. Sedikitnya ada 7 desa yang kesulitan air bersih,” katanya.

BPBD Ponorogo, kata Budi sudah memetakan desa-desa di Ponorogo yang rawan air bersih. Sedikitnya ada 22 desa yang tersebar di 10 kecamatan di Ponorogo yang diperkirakan mengalami krisis air bersih.

”Semoga krisis air bersih tahun ini dapat tertangani dengan baik. Dan ini masih prediksi, bisa berubah setiap saat,’’ pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar