Peristiwa

Gandeng Ansor

PPSA Jombang Bagikan Daging Kurban ke Daerah Terpencil

Jombang (beritajatim.com) – Pondok Pesantren Sunan Ampel (PPSA) Jombang membagikan daging kurban hingga kawasan terpencil. Di antaranya di dua kecamatan kawasan utara Sungai Brantas Jombang, yakni Plandaan dan Ngusikan. Selain itu, PPSA juga membagikan daging kurban ke Kecamatan Kesamben.

Untuk memudahkan distribusi, pesantren yang berada di tengah Kota Jombang ini menggandeng Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Jombang. “Tahun lalu kita menggandeng MWC NU Kecamatan Wonosalam dan Kabuh. Kali ini kita libatkan Ansor dan Banser untuk distribusi daging kurban,” kata Pengasuh PPSA Jombang KH Taufiqurrahman Muchid, Minggu (2/8/2018).

Idul Adha 1441 Hijriah ini, PPSA memotong 6 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Hewan kurban itu didapat dari jamaah pengajian yang ada di pesantren tersebut dan juga dari alumni. Selain menyasar daerah terpencil di Kabupaten Jombang, daging kurban juga dibagikan kepada warga di sekitar pondok.

Abah Taufiq, sapaan KH Taufiqurrahman, menjelaskan, pendistribusian daging kurban ke sejumlah wilayah ini sebagai bentuk mengasah kepekaan sosial warga pesantren kepada warga. Sehingga, bisa berbagai kebahagiaan dengan warga Jombang. Utamanya warga yang ada di sekitar pondok dan di daerah terpencil.

“Untuk pendistribusian daging kurban, ke depan mungkin bisa menggandeng badan otonom (banom) NU lainnya. Dengan demikian khidmat kepada NU dapat dilakukan. Bisa saja nanti menggandeng IPNU, IPPNU, atau banom lainnya,” ujarnya.

Abah Taufiq juga berharap, Ansor dan Banser membagikan daging kurban kepada para Mustahiq di wilayah Kesamben, Plandaan dan Ngusikan. Untuk wilayah tersebut mendapatkan 100 pack daging kurban. “Semoga tahun depan jumlahnya bisa bertambah dan dapat meluas jangkauannya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang (PC) GP Ansor Jombang Zulfikar Dawam Ikhwanto mengatakan, tahun ini GP Ansor Jombang menyambut baik kerjasama tersebut. Untuk itu, pembagian langsung dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) masing-masing kecamatan. “Pengambilan langsung dilakukan oleh personel Ansor dan Banser masing-masing kecamatan,” kata Gus Antok, sapaan akrabnya.

Gus Antok mengungkapkan, Ansor sebagai Benteng Ulama selalu siap dan taat terhadap perintah kiai. Kedepan, Ansor dan Banser selalu siap untuk membantu pendistribusian daging kurban untuk pesantren-pesantren di Jombang. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar