Iklan Banner Sukun
Peristiwa

PPKM Level 4 Surabaya, Bikin SIM Hanya Dilayani 3 Jam

Sejumlah warga mengantre saat akan memperpanjang SIM di Tunjungan Plaza 1, Surabaya, Selasa 27 Juli 2021.(Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – PPKM Darurat diperpanjang dengan mengganti istilah baru yakni PPKM Level 4. Keputusan Presiden Indonesia Joko Widodo ini untuk menekan penyebaran Covid. Lalu bagaimana mekanisme pembuatan SIM di Surabaya?

Korlantas Polri pun memberikan kebijakan berbeda untuk tiap Satuan Lalulintas di Kota dan Kabupaten sesuai level PPKM yang ada. Surabaya sendiri masuk level 4 yang artinya sangat dibatasi.

Sehingga pembuatan SIM pun harus dilakukan pembatasan yakni khusus Corner SIM di seluruh Kota Surabaya hanya melayani selama 3 jam saja.

“Pelayanan seluruh Corner SIM hanya dari Jam 11 pagi sampai jam 2 siang. Sehingga masyarakat bisa menyesuaikan waktu saat memperpanjang SIM,” jelas Bripka Hamzah petugas Corner SIM TP 1 Surabaya, Selasa 27 Juli 2021.

Lebih lanjut Bripka Hamzah memaparkan, TP 1 mall pusat kota sampai hari ini masih banyak pengajuan perpanjangan SIM.

Tercatat ada 50 sampai 100 pengajuan perpanjangan SIM sesuai mekanisme yang ada. Yakni 5 hari sebelum habis waktu perpanjangan SIM sampai sehari menjelang habis masa berlaku.

Langkah ini bertujuan untuk membatasi adanya krumunan karena harus ada tenggang waktu yang ditentukan. Jika tidak maka akan membuat kerumunan saat pengajuan perpanjangan SIM.

“Ada mekanismenya sendiri yang sudah ditentukan. Tujuannya mempercepat pelayanan dan menghindari kerumunan,” tegasnya.

Kini, Kota Surabaya sudah memiliki lebih dari 5 corner SIM di antaranya yakni di TP1, Taman Bungkul, dan Gedung Praxis.

Selain itu, jika ingin mengikuti perpanjangan dengan durasi waktu panjang bisa mendatangi Satpas Colombo yang melayani pembuatan SIM baru dan perpanjangan.

“Kalau baru khusus Satpas Colombo saja. Jadi Corner SIM hanya melayani perpanjangan yang belum habis masa berlakunya,” tandas Hamzah. [man/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar