Peristiwa

PPIH Embarkasi Surabaya Kembali Sita Puluhan Bal Rokok

Petugas PPIH Embarkasi Surabaya menyita rokok slundupan melalui calon haji, Senin (15/7/2019).

Surabaya (beritaJatim.com)- Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya kembali menyita puluhan bal rokok milik Calon Jemaah Haji (CJH).

Para CJH yang kedapatan membawa rokok yang jumlahnya tak memenuhi standart batas bawaan haji ini mengaku hanya dititipi.

Bakan menurut stori data yang BeritaJatim.com peroleh, para calon haji mengaku tak mengenal pengusaha yang menitipkan rokok dengan nominal jutaan rupiah ini.

“Saya hanya dititipi orang saja. Gak tahu (penitipnya),” ujar lelaki paruh baya yang mengaku bernama Pak Pri kepada BeritaJatim.com, Senin (15/7/2019).

Meski demikian saat BertiaJatim.com menanyakan lebih lanjut apakah KBIH yang menitipkan barang tersebut, para calon haji mengaku tidak.

“Ndak (tidak KBIH yang titip),” cetusnya singkat.

Karena tak bisa kebongkar secara paksa siapa dalang dibalik pengusaha yang menitipkan rokok yang talnya bernilai puluhan juta.

Petugas pun hanya bisa menyita rokok yang hendak di jual ke Tanah Suci ini.

Bisnis pengiriman rokon yang jumlahnya puluhan bal ini pun menjadi bisnis yang menggiurkan karena harga jual bisa dua kali lipat dari harga cukai di Indonesia.

Terlebih, bisnis besar yang menggiurkan ini juga tak dikenai beban cukai eksport import dari Indonesia dan Arab Saudi.

Bahkan, tak hanya bisnis rokok saja, obat kuat dan suplemen tubuh juga digasak para pengusaha yang tak bisa dibongkar ini.

Bahkan, yang paling parah adalah meski sudah disita dan diperiksa semua tas dan koper.

Petugas Debarkasi Indonesia di Medinah masih harus menyita puluhan bal atau ratusan bungkus rokok milik seorang calon haji yang baru tiba di Arab Saudi.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar