Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Posisi Makam Lily Wahid di Tebuireng Berdekatan dengan KH Ma’shum Ali

Lokasi yang dipakai untuk makam almarhumah Lily Wahid di pesantren Tebuireng Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Sesuai rencana, jenaza adik kandung Gus Dur, Lily Chodijah Wahid atau Lily Wahid dimakamkan di komplek makam keluarga di pesantreng Tebuireng Jombang. Bahkan, pada Senin (9/5/2022) malam, lokasi makan untuk putri kelima pasangan KH Wahid Hasyim dan Nyai Solihah Bisri itu sudah ditentukan.

“Pihak keluarga sudah rapat. Makam untuk Bu Nyai Lily Wahid sudah ditentukan. Yakni di depan makam KH Ma’shum Ali. Namu untuk penggalian makam dilakukan besok pagi,” kata Humas Pesantren Tebuireng Jombang M Abror Rosyidin.

KH Ma’shum Ali merupakan paman dari almarhumah Lily Wahid. Kiai Ma’shum yang awalnya murid dari Hadratus Syaikh KH Hasyim Asyari, akhirnya dijadikan menantu. Kiai Mashum dinikahkan dengan Nyai Khoiriyah Hasyim.
Kecerdasan Kiai Ma’shum Ali tidak dapat diragukan lagi. Selain berguru kepada para ulama ternama. Kecerdasan Kiai Ma’shum juga bisa dibuktikan dengan banyaknya karya yang dimilikinya. Kiai Ma’shum juga dikenal sebagai ahli falak.

Selain makam Kiai Ma’shum, di maqbaroh tersebut juga terdapat makam seluruh zuriyah (keturunan) KH Hasyiam Asyari. D iantaranta, KH Wahid Hasyim, KH Abdul Kholiq Hasyim, KH Yusuf Hasyim, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) serta kerabat lainnya.

Seperti diberitakan, Nyai Hj Lily Khodijah Wahid binti KH A Wahid Hasyim meninggal pada Senin, 9 Mei 2022 pukul 16:28 di RSCM Jakarta. Jenazah akan disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor. Selanjutnya, Selasa (10/5/2022) jenazah dibawa ke pesantren Tebuireng Jombang untuk dimakamkan.

Lily Chodidjah Wahid merupakan anak ke-5 dari enam bersaudara yang lahir dari pasangan KH Abdul Wahid Hasyim dan Nyai Sholihah Bisri. Sedangkan anak pertama pasangan ini adalah KH Abdurrahman Wahid Ad-Dakhil alias Gus Dur, anak ke-2 Nyai Hj Aisyah Wahid, anak ke-3 KH Sholahuddin Wahid alias Gus Solah, ke-4 KH Umar Wahid dan ke-6 KH Hasyim Wahid alias Gus Im. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar