Peristiwa

Polres Sumenep Bagikan ‘Bubu’ untuk Nelayan

Sumenep (beritajatim.com) – Polres Sumenep memberikan bantuan alat tangkap rajungan berupa ‘bubu’, kepada nelayan di Desa Romben Guna, Kecamatan Dungkek.

Pemberian ‘bubu’ itu merupakan salah satu upaya Polres Sumenep untuk menyelesaikan konflik antar nelayan di Kecamatan Dungkek, Talango, dan Gapura, terkait penggunaan alat tangkap berupa sarkak.

“Kita kan sudah sama-sama sepakat untuk tidak menggunakan alat tangkap ikan berupa sarkak, yang sudah kita tandai di tengah laut minggu lalu. Kalau ada yang melanggar, akan kita proses hukum,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Deddy Supriadi, Selasa (28/1/2020).

Pemberian bantuan berupa alat tangkap ‘bubu’ itu dilakukan di perairan antara Pulau Poteran, Kecamatan Talango, dengan Perairan Desa Romben Guna, Kecamatan Dungkek.

“Kami di Polres Sumenep ini tidak hanya melakukan upaya hukum, tetapi juga memberkan pembelajaran atau pengetahuan kepada bapak-bapak nelayan, betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan,” ujar Deddy.

Karena itu, ia mengajak para nelayan untuk menggunakanlah alat tangkap yang ramah lingkungan seperti ‘bubu’. Sedangkan alat tangkap ikan berupa sarkak, diminta untuk tidak lagi digunakan karena merusak ekosistem laut.

“Mari kita pahami bahwa kelangsungan ekosistem di laut ini akan dimanfaatkan anak cucu kita. Karena itu, kita perlu sama-sama menjaga kelestarian ekosistem laut. Jadi, ayo kita gunakan alat tangkap yang ramah lingkungan,” tandas Deddy. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar