Peristiwa

Polres Ponorogo Lakukan Patroli Siber di Medsos

Kapolres Ponorogo AKBP Muchammad Nur Azis

Ponorogo (beritajatim.com) – Selain melakukan patroli keamanan dan ketertiban di dunia nyata di wilayah Ponorogo, Polres Ponorogo juga akan mengintensifkan patroli siber di dunia maya. Seiring dengan sudah dimulainya tahapan pendaftaran bagi bakal pasangan calon (bapaslon). Patroli siber itu guna menyelidiki mungkin adanya cuitan bernada provokasi antar kubu pendukung.

“Kami telah memantau bentuk potensi kerawanan saat tahapan Pilkada berlangsung, salah satunya ya di media sosial,” Kapolres Ponorogo AKBP Muchammad Nur Azis, Sabtu (5/9/2020).

Kontestasi yang terjadi beberapa tahun belakang, kerap diselimuti oleh ujaran kebencian dan berita hoaks. Maka dari itu, Kapolres menyebut kedua hal tersebut menjadi atensi. Sebab, Kapolres khawatir jika ujaran kebencian dan berita hoaks itu dapat mengganggu kondusifitas dan keamanan di bumi reyog.

“Tim siber sudah dibentuk di tubuh organisasi satuan reskrim Polres Ponorogo awal tahun ini. Mereka akan rutin melakukan patroli siber selama gelaran tahapan Pilkada,” katanya.

Azis meminta masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial. Tak hanya bijak dalam berucap, namun juga bijak dalam mencerna segala informasi yang beredar di tengah tahapan Pilkada ini. Sehingga tidak mudah mendapatkan kabar hoaks dan terhindar dari ujaran kebencian. Dia menilai untuk sekarang ini, media sosial di Ponorogo masih relatif kondusif.

“Mari kita jaga Ponorogo dari ujaran kebencian dan hoaks. Dengan bijak dalam bermedsos. Kalau ada pelanggaran, kami tidak segan-segan untuk menindak bersama Bawaslu Ponorogo,” pungkasnya. (end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar