Peristiwa

Polres Ponorogo Amankan Ribuan Mercon Siap Ledak

Ribuan mercon dimusnhakan dengan dimasukkan ke dalam air supaya tidak meledak. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Polres Ponorogo berhasil mengamankan ribuan petasan atau mercon yang akan dibunyikan nanti saat lebaran Idul Fitri. Ribuan mercon disita okeh unit Satsabhara Polres Ponorogo saat melakukan patroli.

Selain mengamankan ribuan mercon sebagai barang bukti, petugas juga mengamankan 5 pemuda yang saat itu sedang membuat mercon di salah satu rumah pelaku di Desa Kapuran Kecamatan Badegan Ponorogo.

“Berbekal informasi dari masyarakat, kami kembali berhasil mengamankan sekitar 1200 mercon yang akan dibunyikan saat lebaran,” kata Kapolres Ponorogo AKBP. Arief Fitrianto, Rabu (20/5/2020).

Menurut keterangan pelaku, kata Arief sebenarnya membunyikan petasan nanti dengan dikaitkan di balon udara. Saat ini mereka masih membuat petasannya dulu, setelah selesai baru membuat balon udara. Namun sebelum membuat balonnya, mereka keburu diamankan oleh petugas.

“Jadi hal semacam ini menjadi rutinitas mereka setiap akhir bulan Ramadan,” katanya.

Dengan temuan itu, Polres Ponorogo akan terus mengembangkan kasus tersebut. Dengan mengejar orang yang sebagai penyandang dana. Dan kelompok-kelompok pemuda yang lain, yang juga membuat petasan.

Baca Juga:

    “Kami akan tindak tegas, bagi mereka yang nekat membuat atau membunyikan mercon. Kalau tidak ingin berlebaran di Polres Ponorogo jangan membuat atau membunyikan mercon,” pungkasnya.

    Menjelang lebaran ini, Polres Ponorogo giat melakukan mengamankan mercon atau bubuk mesiu sebagai bahan dasar untuk membuat mercon. Sebelum mengamankan ribuan mercon ini, petugas sudah mengamankan 30 kilogram bahan peledak atau mesiu dari beberapa TKP di Ponorogo. Polres Ponorogo juga sudah mengamanakan belasan pelaku terkait petasan atau bahan peledak ini. (end/ted)

    Apa Reaksi Anda?

    Komentar