Peristiwa

Polisi Sebut Cucu Mantan Presiden Terima Aliran dana Rp 3 Miliar Dalam Kasus Memiles

Kapolda Jatiim Irjen Pol Luki Hermawan

Surabaya (beritajatim.com) – Penyidik Subdit Indagsi Kriminal Khusus Polda Jatim terus mengembangkan kasus investasi bodong yang menggunakan aplikasi MeMiles ini. Selain itu, penyidik juga mendalami peran Ari Haryo Sigit (AHS) cucu mantan Presiden Soeharto di dalam strukut PT KAM And KAM.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyatakan, dari keterangan saksi yang sudah tertuang dalam berita acara pemeriksaan (BAP) menyebutkan bahwa AHS adalah konsultan di PT KAM And KAM.

” Namun kita sedang mencari bukti secara administratif, sedang dicari bukti tertulis apakah AHS masuk dalam struktur dari PT KAM And KAM. Dan itu masih didalami,” ujar Kapolda, Kamis (23/1/2020).

Kapolda juga menyebut bahwa AHS juga menerima aliran dana dari PT KAM and KAM sebesar Rp 3 miliar sebagaimana bukti yang sudah didapat penyidik dari Bank. Aliran dana tersebut dipastikan bukan dari member. Dari hasil keterangan saksi bahwa aliran dana tersebut merupakan honor AHS sebagai konsultan. Dan AHS berjanji akan mengembalikan uang Rp 3 miliar tersebut.

Kapolda menyebut, untuk hari Senin akan ada lagi pengembalian aliran dana sebanyak Rp 3 miliar lebih. Untuk hari ini, penyidik juga memeriksa saksi kunci inisial M. Dia adalah bagian keuangan PT KAM And KAM yang mengetahui keluar masuknya keuangan. Saat ini sedang dilkukan pendalaman untuk pemeriksaan.

” Dari saksi M bisa bertambah tersangka,” ujarnya.

Dalam kasus ini polisi telah menetapkan lima tersangka, yaitu Direktur PT Kam and Kam Kamal Tarachan, Manajer Suhanda, dr. Eva Martini Luisa sebagai motivator, Prima Hendika selaku Kepala Tim IT Memiles, serta Sri Wiwit yaitu orang kepercayaan Direktur PT Kam and Kam yang bertugas membagi reward kepada para anggota.

Polisi juga menyita barang bukti uang tunai dari tersangka sebesar Rp128 miliar, 20 unit mobil, dua unit sepeda motor, serta puluhan barang elektronik dan beberapa aset berharga lainnya. [uci/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar