Peristiwa

Polisi Razia Sopir yang Modifikasi Bak Dump Truk Tak Sesuai Spesifikasi

Polisi melakukan razia di jalan Jenangan arah ke Ngebel. (Foto/Satlantas)

Ponorogo (beritajatim.com) – Satlantas Ponorogo kembali melakukan razia terhadap dump truk dengan muatan pasir. Razia dilakukan di jalan Jenangan – Ngebel tepatnya di Desa Sedah Kecamatan Jenangan Ponorogo. Kebanyakan dump truk pengangkut pasir tersebut, menyalahi aturan. Sebab, pemilik dump truk modifikasi bak tak sesuai spesifikasi. Sehingga dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

“Nampak masih banyak sekali sopir dump truk yang masih modifikasi bak truk tak sesuai spesifikasi. Sehingga muatannya over tonase,” kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Ponorogo Ipda Aris Wibawa, usai memimpin razia, Jumat (4/6) 2021).

Sopir yang masih nekat menggunakan bak modifikasi itu, diduga karena banyaknya permintaan pasir untuk wilayah Ponorogo bahkan juga ada dari luar Ponorogo. Selain masyarakat, pemesan juga datang dari pengembang proyek rumah atau perumahan yang memerlukan pasir dalam jumlah yang banyak. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya dump truk yang lalu lalang mulai pagi hari sampai sore hari di jalan tersebut.

“Jika berat tonase tak sesuai aturan dengan merubah bentuk dimensi dump truk, maka nantinya bisa merusak struktur jalan yang sering dilewati,” katanya.

Selain dump truk yang tak sesuai spesifikasi, polisi juga banyak mendapati sopir yang tidak dilengkapi dengan surat-surat. Seperti STNK muapun SIM. Oleh karena itu, petugas melakukan tindakan tegas terhadsp sopir yang tidak dilengkapi surat-suray tersebut. Satlantas Polres Ponorogo mencatat sudah ada 43 kendaraan dump truk yang sudah ditindak karena melanggar undang-undang lalu lintas.

“Kami juga mendapati masih ada sopir yang tak memiliki SIM (surat izin mengemudi) dan pajak kendaraan truk tersebut mati masa berlakunya,” pungkas Aris. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar