Peristiwa

Polisi Periksa Pemilik Jaringan Listrik Jebakan Tikus yang Menewaskan Empat Orang di Bojonegoro

Bojonegoro (beritajatim.com) – Empat orang warga Dusun Prijek, Desa Tambahrejo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro meninggal dunia setelah tersengat aliran listrik yang dipakai untuk jebakan tikus di area persawahan desa setempat. Empat orang yang meninggal tersebut masih dalam satu keluarga.

Kapolsek Kanor Iptu Hadi Waluyo mengungkapkan, kasus tersebut sekarang masih dalam proses penyelidikan. Penyidik saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi diantaranya, kepala desa Tambahrejo dan pemilik sambungan listrik jebakan tikus, Tiono warga setempat.

“Sekarang masih dalam tahap pemeriksaan, tetapi semua kembali kepada pihak keluarga korban. Kalau tidak ada ya sudah, tapi kalau ada yang mengadukan, maka akan kami tindaklanjuti,” ujarnya, Senin (12/10/2020).

Menurutnya, fenomena menggunakan aliran listrik untuk menjebak tikus di sawah itu banyak digunakan warga. Beberapa kali, pihaknya mengaku telah melakukan teguran dan memberi imbauan kepada kepala desa setempat bahwa penggunaan listrik untuk menjebak tikus tersebut sangat membahayakan nyawa.

“Tapi mau bagaimana lagi, katanya kalau tidak dipakai jebakan itu tanaman jagung satu kedok bisa habis dimakan tikus dalam semalam,” ujar Kapolsek.

Menurut Iptu Hadi, alasan para petani yang menggunakan aliran listrik untuk jebakan tikus tersebut sudah diberi tanda yang jelas berupa lampu penerang. Selain itu, jika tidak memakai jebakan tikus maka hasil panen akan berkurang banyak. “Ya sekarang mau bagaimana lagi kalau sudah begitu, tidak bisa serta merta diselesaikan secara hukum,” terangnya.

Sekadar diketahui, nasib tragis satu kelurga yang meninggal dunia karena tersengat aliran listrik jebakan tikus yakni, Parno (65) (Ayah), Reswati (55) (Ibu) serta kedua anaknya Jayadi (31) dan Zaenal Arifin (21). Keempat korban ditemukan oleh saksi Warno sekitar pukul 06.00 WIB tergeletak di pematang sawah sudah tidak bernyawa. [lus/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar