Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Polisi Gelar Tes Urine di Terminal Ujung Surabaya

Iptu Hendro saat menunjukan urine yang dites

Surabaya (beritajatim.com) – Satreskoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak melaksanakan kegiatan tes urine kepada sopir dan kondektur bus di Terminal Ujung, Jumat (24/12) petang.

Kasat Reskoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak Iptu Hendro Utaryo mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan menjelang Nataru, selain supir yang sedang ngetem, pihaknya juga memeriksa supir yang sedang lewat.

“Kami periksa semua, kami tidak mau kecolongan terhadap penyalahgunaan narkoba,” ujar Hendro.

Lebih lanjut Hendro menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi dini terhadap adanya penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh sopir dan kondektur bus.

Hal ini juga untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat pengemudi yang terpengaruh oleh barang terlarang tersebut.

“Selain itu, untuk memastikan sopir yang mengantar penumpang terbebas dari penggunaan narkoba sehingga mengantar penumpang hingga tempat tujuan dengan selamat,” jelas Hendro.

Pihaknya mengungkapkan dari sekitar 25 sopir yang di tes urine, petugas tidak menemukan pengemudi bus yang positif mengkonsumsi narkoba. “Dari hasil tes urin tersebut, karena hasilnya semua negatif,” ungkapnya.

Iptu Hendro menambahkan apabila ada sopir bus yang kedapatan menggunakan narkoba, jelas akan diberikan sanksi tegas sesuai amanat undang-undang.

Sementara itu, Manajer Sumber Daya Manusia DAMRI Surabaya Bambang Prasojo menuturkan, pihaknya selalu menekankan sopir dan kondektur bus untuk tidak menyalahgunakan narkoba atau miras.

“Ini supaya untuk memberikan rasa aman ke penumpang,” tandasnya.

Bila memang ada yang menggunakan narkoba atau miras, maka lanjut Bambang, sanksi tegas bahkan pemberhentian dilakukan.

“Armada di Terminal Ujung hanya melayani trayek Perak – Bungurasih. Meski demikian, keselamatan penumpang menjadi nomor satu,” ujarnya. [ang/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar