Peristiwa

Polisi: Dua Bengkel di Sidoarjo dan Mojokerto Diduga Terlibat Balap Liar

Balapan Liar di Taman Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Satlantas Polresta Sidoarjo terus melakukan pengembangan kasus balapan liar di Jalan Raya Gilang depan SPBU Gilang Kecamatan Taman yang menabrak salah seorang penonton hingga mengalami luka.

Setelah berhasil menangkap Aditya Rifki (22) pemuda asal Gempol Bulusari RT 17 RW 18 Kecamtan Gempol  Pasuruan selaku joki balap liar, polisi juga akan mengembangkan hal-hal terkait aksi yang meresahkan pengguna jalan tersebut.

Polisi akan menyelidiki siapa yang melakukan penutupan jalan, termasuk juga penyelidikan dugaan adanya taruhan atas balapan liar tersebut.

“Semua yang terlibat, akan kami mintai keterangan,” kata Kasatlantas Polresta Sidoarjo AKP Eko Iskandar, Kamis (14/11/2019).

AKP Eko menceritakan, bahwa pelaku balap liar telah merencanakan aksi sejak pukul 23.00 WIB Rabu (13/11/2019)  antara bengkel BP (Mojokerto) dengan MPK (Sidoarjo).

Namun karena adanya patroli yang dilakukan oleh Polsek Taman dan Polresta Sidoarjo melintasi jalur tersebut sehingga aksi balap liar sempat ditunda menunggu patroli polisi berhenti melintas.

Bahkan direncanakan untuk dipindahkan ke tempat lain yang aman dari pantauan polisi karena kerumunan penonton balap liar di lokasi tersebut dibubarkan oleh patroli polisi. Namun hingga Kamis subuh pukul 04.00 WIB mobil patroli Polsek Taman dan Polresta Sidoarjo tetap melintas di jalur dimaksud.

“Sekira pukul 05.00 WIB pelaku balap liar merasa situasi sudah aman dari pantauan polisi (sehubungan patroli Polsek Taman bergeser ke lokasi lain). Maka aksi balap liar baru dapat dimulai di Jalan Raya Gilang tepatnya depan SPBU Gilang/PT Aneka Gas dengan menutup jalan,” jelasnya.

Pelaku, sambung Eko, kemudian memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi selanjutnya menabrak salah satu penonton (korban) yang berada di TKP. Korbannya
Alessandro Rizky A (18) pemuda asal Jalan Wonorejo Indah TImur Gg 3A No. 3 RT 6 RW 8 Surabaya.

Eko menjelaskan, berdasarkan keterangan tambahan dari para saksi yang menunggui korban di rumah sakit selanjutnya dilakukan penelusuran ke Kecamatan Gempol  Pasuruan yang diduga sebagai tempat tinggal pelaku dan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Pasuruan serta perangkat desa untuk mendatangi rumah pelaku tepatnya di Ds. Gempol Bulusari Kec. Gempol Kab. Pasuruan.

Sesampainya di alamat tersebut, Kasatlantas Polresta Sidoarjo mendapati pelaku yang menabrak korban dalam kondisi mengalami luka ringan akibat terjatuh dari motor yang dipacu pada saat aksi balap liar.

Kemudian dilakukan interogasi dan pelaku mengakui kejadian tersebut sedangkan motor yg dikendarai bukan milik yang bersangkutan melainkan milik salah satu warga Kecamatan Sedati.

“Setelah kejadian diamankan di daerah Trosobo Kec. Taman oleh mekanik bengkel, selanjutnya pelaku dibawa beserta mekanik bengkel untuk menunjukan lokasi penyimpanan barang bukti motor dan kemudian diamankan di Polresta Sidoarjo untuk dilakukan proses lebih lanjut,” papar mantan Kasatlantas Pokres Pasuruan tersebut. (isa/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar