Peristiwa

Antisipasi Balap Liar

Polisi Bubarkan Ratusan Remaja Nongkrong di Jalan

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19, sejumlah personil dari anggota Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Tuban melakukan patroli di sepanjang jalan Soekarno-Hatta, Kota Tuban yang selama ini menjadi tempat nongkrong dan berkerumun ratusan pemuda, Minggu (26/4/2020).

Dalam patroli tersebut petugas kepolisian langsung menghimbau kepada para remaja yang sedang berkerumun di beberapa titik jalan tersebut untuk membubarkan diri. Patroli untuk membubarkab kerumunan remaja yang sedang nongkrong dipinggir jalan itu sudah sering dilakukan petugas terutama saat menjalang berbuka puasa dan tengah malam saat jalanan sepi.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, keberadaan ratusan remaja yang biasa berkumpul dan nongkrong di sepanjang jalan Soekarno-Hatta, Kota Tuban itu adalah untuk melihat balap liar. Jalan yang lurus dan mulus tersebut sering dijadikan tempat untuk balap liar oleh para remaja dengan menutup jalan tersebut.

“Kita melakukan patroli sebagai antisipasi balap liar. Berawal dari nongkrong-nongkrong, kemudian nanti bisa merembet ke balap liar mas,” terang AKP Argo Budi Sarwono, Kasat Lantas Polres Tuban.

Ketika mengetahui petugas kepolisian datang, ratusan pemuda dengan sepeda motor tersebut langsung semburat kabur meninggalkan lokasi kawasan jalan Soekarno-Hatta tersebut. Meski sudah sering dibubarkan oleh petugas Sat Lantas Polres Tuban, tempat tersebut masih sering menjadi tempat untuk nongkrong dan mereka berkumpul.

“Kita akan terus melakukan patroli secara terus menerus untuk antisipasi balap liar itu,” tambahnya.

Selain membubarkan kerumunan ratusan remaja yang ada di jalan itu, petugas kepolisian juga memberikan himbaun kepada para remaja untuk selalu menerapkan Physikal Distancing atau jaga jarak dan selalu memakai masker. Hal tersebut adalah untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang mematikan itu khususnya di wilayah Kabupaten Tuban.

“Kita meminta pada mereka untuk di rumah saja dan lebih baik di rumah saja, mengingat situasi Covid-19 seperti ini,” lanjutnya.

Sementara itu, pihak kepolisian dari jajaran Sat Lantas Polres Tuban itu juga meminta peran serta dari para orang tua untuk turut serta bersama-sama melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya guna mencegah mereka berkerumun dan aksi balap liar yang sering terjadi itu. Terlebih di tengah-tengah pandemi virus corona ini yang rawan terjadinya penularan virus yang mematikan itu.[mut/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar