Peristiwa

Antisipasi Banjir

Polda Jatim Dirikan 16 Posko Siaga Bencana

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan

Surabaya (beritajatim.com) – Melihat kondisi daerah yang dilanda banjir membuat Polda Jatim melakukan langkah antisipasi agar tak terjadi di wilayah Jawa Timur. Untuk itu institusi yang berkantor di Jl Ahmad Yani Surabaya ini mendirikan sejumlah posko siaga bencana.

Totalnya ada 16 posko yang dilengkapi sejumlah fasilitas. Pendirian posko siaga bencana ini melibatkan jajaran Polres di seluruh Jawa Timur, terutama wilayah yang menjadi langganan banjir.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan sejumlah posko ini telah dilengkapi dengan dapur umum dan makanan. Selain itu, di posko tersebut juga telah tersedia fasilitas kesehatan bagi warga yang berteduh hingga mengungsi.

“Kita sudah membangun tenda untu masyarakat yang akan berteduh apabila banjir. Untuk sementara ada 16 di tenda yang sudah terpasang lengkap dengan dapur serta makanannya. Seluruh kebutuhan pengungsi sudah ada di tenda-tenda. Jadi tanggap bencana ini sudah siap,” ujar Luki.

Luki memaparkan, pihaknya menyisir beberapa daerah rawan banjir di wilayah Jatim. Selain itu, Luki juga telah menyiapkan alat berat dan didekatkan ke daerah pegunungan untuk membantu jika terjadi longsor.

“Rawan banjir langganan kan Bondowoso, Lamongan, Tuban, Ngawi. Rawan longsor juga ada di daerah Mataraman, daerah Trenggalek ke atas itu rawan, Malang kabupaten juga. Jadi ada beberapa yang kami siapkan termasuk alat-alat berat, kami geser kami dekatkan di daerah pegunungan,” pungkasnya. [uci/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar