Peristiwa

Pohon Waru Tumbang Timpa Pengguna Jalan di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Tidak ada angin, tidak ada hujan pohon waru yang berada di jalan Pahlawan Kelurahan Bangunsari Ponorogo tiba-tiba roboh. Celakanya, robohnya pohon tersebut menimpa seorang pengguna jalan yang kebetulan lewat situ dengan menggunakan sepeda motor. Korban diketahui bernama Supeno (60) warga Kelurahan Cokromenggalan Ponorogo, mengalami patah tulang paha bagian kanan. Korban langsung dilarikan ke RSU Aisyiyah oleh warga sekitar.

“Motornya tidak apa-apa, tapi yang mengendarai terkena reruntuhan pohon tersebut,” kata Sri Hartini, pemilik warung yang berada di sekitar robohnya pohon, Senin (6/1/2020).

Mendapatkan informasi ada pohon tumbang, tim gabungan dari Polisi, TNI dan BPBD Ponorogo langsung terjun ke lokasi mengevakuasi pohon tersebut. Kasi Kedaruratan BPBD Ponorogo Arim Kamandoko mengungkapkan dari ramalan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa di Ponorogo akhir-akhir ini mengalami curah hujan tinggi yang diserai angin.

Robohnya pohon Waru tersebut, dimungkinkan struktur akar penyangga kurang bagus, akibat tergerus air hujan yang selama ini mengguyur. Sehingga meski tidak ada hujan dan angin pun bisa roboh dengan sendirinya. “Masyarakat harus lebih hati-hati, karena cuaca seperti sekarang ini potensi pohon roboh sangat besar,” katanya.

Masyarakat, kata Arim Kamandoko bila sekiranya menemukan pohon dengan kondisi tersebut untuk melaporkan kepada BPBD Ponorogo atau polisi, supaya cepat ditebang. Guna antisipasi meminimalisir jatuhnya korban, seperti yang terjadi sekarang ini. “BPBD Ponorogo stanby 24 jam jadi bisa hubungi kami sewaktu-waktu. Semoga robohnya pohon yang terjadi kali ini menimpa warga, tidak terulang lagi di kemudiay hari,” harapnya.(end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar