Peristiwa

Pohon Tumbang Tutup Jalan Raya Magetan-Maospati

Magetan (beritajatim.com) – Pohon jenis Sono Kembang berukuran besar yang berada di Jalan Raya Magetan – Maospati tumbang dan melintang hingga menutup 50% badan jalan akibat diterjang angin kencang, Selasa (2/2/2021) sore.

Akibat pohon tumbang itu, arus lalu lintas jalur provinsi tersebut macet. Semua kendaran termasuk roda dua, harus bergantian saat melintas karena tertutup pohon yang tumbang itu.

“Pohon tumbang saat turun hujan dan angin kencang,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Ari Budi Santosa, Selasa (2/2/2021).

Pohon yang tumbang itu, terang dia, langsung dievakuasi oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Magetan dibantu aparat kepolisian, TNI dan warga sekitar. Tidak ada kerusakan dan juga korban jiwa dalam tumbangnya pohon itu.

“Pohon jenis Sono Kembang dengan lingkar kurang lebih 90 centimeter tumbang mungkin karena akar yang lemah,” ujarnya.

Ari menyebut pohon tumbang saat musim hujan banyak penyebabnya, seperti akar yang lemah, ranting dan daun pohon yang tumbuh terlalu lebat, usia pohon yang sudah tua, dan terjangan angin yang terlalu kencang. Hanya saja, pohon di pinggir jalan yang tumbang itu kebanyakan akibat terjangan angin.

“Makanya kami minta warga dan pemotor tidak berteduh di bawah pohon saat turun hujan,” ungkapnya.

Ari mengaku sudah menyiagakan TRC BPBD Magetan di setiap kecamatan. TRC itu untuk mengevakuasi pohon yang tumbang. Mereka juga sudah diberi peralatan lengkap agar dapat mengevakuasi pohon tumbang dengan cepat, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.(asg/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar