Peristiwa

Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan Raya Akibat Angin Kencang

Pamekasan (beritajatim.com) – Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di kabupaten Pamekasan, mengakibatkan sejumlah pohon di berbagai titik berbeda tumbang. Bahkan juga ada yang menutup akses jalan raya, Jum’at (30/10/2020).

Pohon tumbang yang mengakibatkan akes jalan raya terganggu, setidaknya terjadi di dua titik berbeda di wilayah Pamekasan. “Untuk sementara laporan yang kami terima, pohon tumbang terjadi di Jl Jokotole dan Jl Trunojoyo,” kata Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Akmalul Firdaus.

“Akibat kejadian tersebut, akses jalan raya di lokasi kejadian terganggu. Sebab pohon tumbang menutup sebagian akses jalan raya, sehingga petugas bekerja cepat dan sigap untuk segera melakukan evakuasi,” sambung Pak Akmalul Firdaus.

Disinggung soal penyebab robohnya pohon yang berada di pinggir jalan raya, pihaknya mensinyalir terjadi akibat kondisi pohon yang sudah relatif tua. Sehingga tidak mampu menopang batang saat terjadi angin kencang. “Mungkin karena kondisi pohon memang tidak kuat menopang akibat angin kencang,” jelasnya, singkat.

Salah satu petugas BPBD Pamekasan melakukan evakuasi pohon tumbang akibat angin kencang, Jum’at (30/10/2020).

“Namun kami bersyukur kejadian ini tidak mengakibatkan korban jiwa maupun karugian materil, sekalipun satu pohon tumbang terjadi di dekat bangunan warga, seperti yang terjadi di Jl Jokotole,” tegas Akmalul (sapaan akrab Akmalul Firdaus).

Selain itu pihaknya berharap seluruh masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan, sekaligus menjaga diri dan mengantisipsi dari berbagai hal yang berhubungan dengan bencana alam. “Memasuki musim penghujan seperti saat ini memang rawan terjadi bencana alam, seperti kejadian saat ini,” bebernya.

“Dari itu mari bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan. khususnya kejadian bencana alam. Salah satunya dengan tetap mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi, serta mengenali bahaya bencana,” pungkasnya. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar