Peristiwa

Pohon Tumbang Timpa Truk Trailer, Jalur Pantura Tuban Macet

Tuban (beritajatim.com) – Sebuah pohon Kerang besar yang berada di lahan milik warga di pinggir jalan raya Jalur Pantura Tuban-Surabaya, Dusun Widengan, Kelurahan Gedongombo, Kecanatan Semanding, Tuban tumbang dan mengarah ke jalan raya, Jumat (22/3/2019).

Pohon yang tumbang itu menimpa kendaraan truk trailer yang sedang berhenti menganti ban yang mengalami bocor. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam tumbangnya pohon besar itu, namun jalur pantura sempat mengalami kemacetan.

Data yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, tumbangnya pohon Kerang itu menimpa truk trailer dengan nomor polisi (Nopol) B 9707 KJ. Yang mana truk trailer dengan membawa kontainer itu awalnya dikemudikan oleh Sukirno (30), warga Kabupaten Lamongan.

“Awalnya saya berhenti, karena ngeban (ganti ban yang bocor). Tiba-tiba pohonnya langsung tumbang menimpa kontainer, saya langsung lari,” ujar Sukirno, pengemudi truk trailer yang tertimpa pohon besar itu.

Lantaran menimpa kontainer dan persis di tengah-tengah kepada truk dengan kontainer membuat kendaraan tersebut tidak bisa bergerak. Sedangkan sebagian besar rating-ranting pohon tersebut sudah sampai di jalan raya jalur pantura itu.

“Tidak bisa kemana-mana ini, posisinya pas di tengah-tengah. Jadi ya nunggu untuk dipotong dulu,” tambahnya.

Akibat pohon yang nyaris jatuh di jalan raya itu hanya bisa digunakan untuk satu jalur saja dan kendaraan harus bergantian. Hal tersebut membuat arus lalu lintas di jalan nasional itu sempat tersendat sambil menunggu evakuasi pohon besar tersebut.

“Ini tadi kalau tidak ada kendaraan peti kemas itu sudah pasti macet total, soalnya pohonnya pasti melintang di jalan. Pohon itu usianya mungkin sudah sekitar 15 tahun,” terang Sampet (68), warga yang tinggal di sekitar lokasi itu.

Sementara itu, petugas lalu lintas Polres Tuban yang berada di lokasi melakukan pengaturan lalu lintas dengan cara buka tutup. Selanjutnya, petugas bersama dengan warga melakukan evakuasi pohon tumbang itu dari tengah jalan raya.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar