Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Pohon Tumbang, Rumah Ambruk Hingga Fenomena Hujan Es Terjadi di Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan yang menguyur sebagian wilayah Mojokerto disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon di beberapa wilayah di Mojokerto tumbang, Jumat (29/10/2021) sore. Bahkan, di Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto terjadi fenomena hujan es.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Lutfi Ariyanto mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Sidoarjo dan pantauan Sistem Informasi Monitoring dan Pelaksanaan Anggaran (SIMONA), wilayah Mojokerto terpantau mendung.

“Di Desa Menanggal, Kecamatan Mojosari terjadi fenomena hujan es. Hujan es biasanya berupa bongkahan es besar, hanya saat sudah turun di dataran rendah akan mencair bersama hujan air lebat. Fenomena hujan es umumnya terjadi saat pancaroba atau peralihan antara musim hujan dan kemarau,” ungkapnya.

Masih kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) ini, hujan es adalah fenomena alami yang sebenarnya sudah biasa terjadi. Angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pungging, Jetis, Bangsal dan Gedeg. Di Dusun Pasinan Kulon, Desa Kupang, Kecamatan Jetis, dua rumah dan dua tempat usaha rusak.

“Rumah Bapak Tiskan mengalami kerusakan pada bagian atap asbes dengan ukuran 10 x 4 meter, rumah Bapak Sarli juga mengalami kerusakan pada bagian atap genting dengan ukuran 4 x 3 meter. Tempat usaha pom mini milik Bapak Yasin tertimpa pohon mangga yang tumbang dan mengalami kerusakan cukup berat,” katanya.

Sementara kandang bebek milik Suli berisi 200 ekor bebek siap panen dengan ukuran 6 x 12 meter ambruk karena angin kencang. Di Desa Jatilangkung, Kecamatan Pungging mengakibatkan pohon jenis Kesono dengan diameter 30 sampai 40 cm tumbang menutup seluruh badan serta menimpa kabel PLN.

“Pohon tumbang akibat ditabrak oleh mobil tronton yang melintas sehingga mengakibatkan pohon jenis trembesi tumbang dan menutup seluruh badan jalan di Jalan Raya Tumpak, Desa Sidoharjo, Kecamatan Gedeg. Pohon dengan diameter kurang lebih 40 cm sudah berhasil dievakuasi tadi sore,” jelasnya.

Di Desa Salen, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto juga di laporan ada sejumlah rumah rusak akibat angin kencang. Kerusakan rata-rata terjadi pada bagian atap. Sementara di wilayah Kota Mojokerto, sejumlah pohon juga terpantau tumbang. Seperti di Jalan Majapahit Selatan, Kecamatan Kranggan pohon jenis Sono menimpa sebuah mobil Honda Jazz.

Mobil Honda Jazz warna merah yang berada di pinggir jalan tertimpa pohon, namun beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Empu Nala Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Sementara di Kalimati, Kecamatan Kranggan, dua rumah ambruk karena sudah lapuk. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar