Peristiwa

Pohon Tumbang Melintang di Jalan, Jalur Pantura Tuban Macet

Tuban (beritajatim.com) – Arus lalu lintas di jalur Pantura Tuban tepatnya di jalan raya Tuban-Surabaya, Desa Widang, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban sempat mengalami kemacetan panjang hingga lebih dari satu jam lantaran adanya pohon besar yang tumbang melintang di tengah jalan, Sabtu (10/4/2021).

Pohon jenis Sengon dengan ukuran yang terbilang besar tersebut tumbang mengarah ke jalan raya meski tidak ada hujan maupun angin kenceng. Beruntung pohon yang tumbang itu tidak sampai menimpa sejumlah deretan warung yang ada di pinggir jalan raya Tuban-Surabaya tersebut.

Dari informasi yang dihimpun beritajatim.com, kejadian tumbangnya pohon Sengon besar itu terjadi secara tiba-tiba. Beruntung pada saat pohon itu roboh ke jalan raya, tidak sampai ada kendaraan yang melintas. Sehingga tidak mengakibatkan adanya korban luka maupun kendaraan yang tertimpa pohon besar itu.

“Ini tadi macet total, kalau kendaraan mobil tidak bisa lewat. Sepeda motor masih bisa lewat pinggir-pinggir,” terang Muhajirin (35), salah satu pengendara motor yang melintas di jalan raya Tuban-Surabaya itu.

Pohon Tumbang di Kecamatan Widang Kabupatenb Tuban

Kapolsek Widang, Polrea Tuban, AKP Totok Wijanarko menjelaskan pohon besar yang ada di pinggir jalan itu tumbang akibat usia pohon yang sudah tua. Sedangkan di sekitar lokasi tersebut masih ada beberapa pohon Sengon besar yang kondisinya juga sudah tua.

“Pohon Sengon yang tumbang itu akibat pohon tersebut sudah lapuk dimakan usia. Kemudian batang pohon sengon tersebut melintang di atas jalan raya,” terang AKP Totok Wijanarko.

Mengetahui adanya pohon tumbang yang mengakibatkan kemacetan panjang tersebut, petugas kepolisian dari Polsek Widang, bersama anggota Sat Lantas Polres Tuban langsung datang ke TKP dan meminta bantuan dari tim BPBD Tubab. Selanjutnya, petugas dibantu dengan warga masyatakat sekitar secara bersama-sama melakukan evakuasi dan menyingkirkan pohon Sengon yang menutupi akses jalan raya tersebut.

“Setelah keberadaan Pohon Sengon itu berhasil ditepikan ke pinggir jalan akhirnya arus lalu lintas bisa beroperasi kembali dengan lancar dari 2 arah. Dalam kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” pungkasnya.[mut/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar