Peristiwa

Pohon Tumbang di Mojokerto Sebabkan Kemacetan

Kemacetan yang terjadi di Jalan Mayjen Soemarji Dusun Kenjoro, Desa Windurejo, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Angin puting beliung yang terjadi di Desa Windurejo, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto hanya berlangsung kurang lebih 5 menit. Selain menyebabkan atap rumah terbang, pohon tumbang, kemacetan dari dua arah pun tak bisa dihindari.

Salah satu warga, Sukamto mengatakan, hujan yang terjadi sekira pukul 14.00 WIB tersebut hanya sebentar namun disertai angin kencang. “Angin bertiup dari arah selatan, tidak lama kemudian berbalik arah ke utara,” ungkapnya, Senin (26/10/2020).

Masih kata Sukamto, angin yang sebelumnya dari arah selatan tak lama berbalik arah ke utara dengan kecepatan tinggi. Akibat angin dengan kecepatan tinggi tersebut membuat sejumlah pohon di Jalan Mayjen Soemarji Dusun Kenjoro tumbang ke jalan raya.

“Ada tiga pohon trembesi di jalan raya tumbang, salah satunya mengenai mobil dump truk yang kebetulan saat kejadian melintas di lokasi kejadian. Sementara atap rumah warga yang terbawa angin ada sekitar tujuh hingga delapan rumah. Atap dari asbes berterbangan,” katanya.

Sukamto menambahkan, angin puting beliung yang terjadi hanya berlangsung kurang lebih 5 menit. Akibatnya, arus lalu-lintas macet sekitar 5 meter dari dua arah. Petugas harus memberlakukan sistem buka tutup lantaran harus mengevakuasi pohon yang tumbang.

Hujan disertai angin puting beliung tidak hanya terjadi di Desa Windurejo, Kecamatan Kutorejo, namun juga terjadi di Desa Mojopilang, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. Beruntung angin puting beliung hanya menyebabkan sejumlah pohon tumbang. [tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar