Peristiwa

Pohon Tumbang dan Puluhan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

Tuban (beritajatim.com) – Puluhan rumah warga yang ada di Desa Simorejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, rusak parah dan ringan setelah diterjang angin puting beliung, Senin (21/1/2019) sore.

Tak hanya itu, sejumlah pohon besar yang ada di Kecamatan Widang dan juga jalur Pantura Tuban tepatnya di kawasan hutan Pakah, Kecamatan Semanding juga tumbang. Hal tersebut membuat arus lalu lintas di jalan nasional Tuban-Surabaya sempat terganggu.

Angin puting beliung itu terjadi bersamaan dengan turunnya hujan lebat. Beberapa desa di wilayah kecamatan itu juga mengalami kejadian yang sama yakni terjadi angin kencang dengan hujan deras.

Akibat terjangan angin puting beliung, sedikitnya 42 rumah di Desa Simorejo, Kecamatan Widang, atapnya terbang diterjang angin. “Awalnya memang hujan lebat yang disertai angin. Rumah yang rusak ringan ada sekitar 30 dan yang rusak parah ada 12 unit ,” ungkap Kapolsek Widang AKP Totok Wijanarko.

Aangin puting bersamaan hujan lebat itu sempat membuat warga panik dan mencari tempat berlindung. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian puting beliung yang terjadi di wilayah itu. “Untuk korban jiwa nihil. Akibat kejadian ini, kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” tambahnya.

Sementara itu, selain rumah yang rusak, sedikitnya juga terdapat tiga pohon besar di pinggir jalan Tuban-Surabaya yang tumbang dan sempat mengganggu arus lalu lintas. Yakni berada di Desa Minohorejo dan di jalan Desa Mrutuk, Kecamatan Widang.

“Pohon yang tumbang langsung dievakuasi oleh petugas supaya tidak mengganggu arus lalu lintas. Terutama yang di jalan raya,” pungkasnya. [mut/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar