Peristiwa

Pohon di Kabupaten Mojokerto Bertumbangan

Petugas mengevakuasi pohon tumbang di Dusun Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Sejumlah pohon tumbang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Mojokerto. Pohon tumbang disebabkan hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Mojokerto, Selasa (2/3/2021) sore.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, bedasarkan pantauan aplikasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto.

“Hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat yang disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang di beberapa lokasi. Sebuah pohon jati di Desa Sambiroto, Kecamatan Sooko dengan diameter kurang lebih 25 cm tumbang sekitar pukul 15.45 WIB,” katanya.

Pohon yang menutup akses jalan Desa Sambiroto tersebut baru berhasil dievakuasi sekira pukul 17.00. Di Dusun Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, pohon jenis trembesi juga tumbang dan menutup akses jalan desa. Pohon dengan diameter sekitar 20 cm sampai 30 cm tersebut tumbang sekira pukul 16.15 WIB.

“Tak hanya menyebabkan sebuah pohon tumbang, hujan disertai angin juga menyebabkan aliran lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) dengan panjang 50 meter terputus. Sekira pukul 17.15, petugas baru berhasil mengevakuasi pohon dan lalu-lintas kembali lancar,” urainya.

Di Jalan Raya Kenongo, Desa Mlirip, Kecamatan Jetis juga ada pohon tumbang. Pohon jenis keres dengan diameter 15 cm tersebut tumbang sekira pukul 16.35 WIB. Sekira pukul 17.10 WIB, pohon berhasil dievakuasi dan arus lalu-lintas kembali lancar.

“TRC BPBD Kabupaten Mojokerto dibantu TNI/Polri, Perangkat Desa dan Potensi Relawan melakukan kaji cepat dan evakuasi pohon tumbang. Masyarakat dihimbau waspada khususnya pengguna jalan saat melintas di jalan dengan pohon rindang karena saat ini cuaca masih hujan,” pungkasnya. [tin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar