Peristiwa

Pohon Dadap Merah Dekat Rumdin Walikota Mojokerto Tumbang

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebuah pohon setinggi 7 meter di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Selasa (13/8/2019) tumbang. Tumbangnya pohon jenis dadap merah di sebelah timur rumah dinas (rumdin) Walikota Mojokerto ini membuat arus lalu-lintas padat merayap.

Hembusan angin yang kencang membuat akar pohon tak kuat menahan besarnya pohon. Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mojokerto yang datang ke lokasi langsung menebang dan memangkas ranting pohon yang menjuntai ke jalan. Selama proses pembersihan, lalu-lintas hanya boleh dilewati oleh kendaraan roda dua.

Sedangkan kendaraan roda empat harus memutar balik karena jalan yang dilewati tidak cukup. Sekitar 30 menit, akhirnya arus lalu-lintas kembali normal setelah petugas dari DLH Kota Mojokerto berhasil mengangkat dan membersihkan pohon yang tumbang ke jalan.

Kepala Bidang Pemulihan Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup (Kabid PPKLH), DLH Kota Mojokerto, Erijanto mengatakan, pohon tumbang karena hembusan angin yang cukup kencang.
“Selain roboh di Jalan Hayam Wuruk, pohon juga merusak satu lampu penerangan jalan dan kabel listrik,” ungkapnya.

Selain akibat hembusan angin kondisi, lanjut Erijanto, batang dan akar yang keropos menjadi faktor penunjang tumbangnya pohon berusia puluhan tahun tersebut. Beruntung, saat pohon tumbang ke jalan arus lalu-lintas sepi sehingga tidak ada korban jiwa maupun material.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar